Perbandingan Efektifitas Metode Penyuluhan Bernyanyi dan Metode Penyuluhan Ceramah Terhadap Tingkat Pengetahuan Kesehatan Gigi dan Mulut pada Siswa TK PGRI 2 Kota Malang Usia 4-6 Tahun

Main Authors: Faujiyyah, Annissa’a Ulfah, drg. Merlya,, MMRS, drg. Citra Insany I,, M.Med. Ed
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/190935/1/Annissa%27a%20Ulfah%20Faujiyyah.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/190935/
Daftar Isi:
  • Di Indonesia masalah kesehatan gigi dan mulut merupakan masalah yang klasik, hal ini ditandai dengan angka prevalensi karies gigi dan penyakit periodontal masih tetap tinggi. Tingginya angka prevalensi tersebut disebabkan kurangnya kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Penyuluhan kesehatan gigi dan mulut adalah salah satu cara untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran kesehatan gigi dan mulut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan efektifitas penyuluhan dengan metode bernyanyi dan metode ceramah terhadap tingkat pengetahuan kesehatan gigi dan mulut pada siswa TK PGRI 2 Kota Malang usia 4-6 tahun. Jenis metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experiment Design dengan rancangan Pre test Post test Control Group Design yaitu menggunakan kelompok perlakuan dan kelompok kontrol sebagai pembanding. Kesimpulan yang di dapat dari penelitian ini adalah metode penyuluhan dengan bernyanyi dan metode ceramah sama-sama dapat meningkatkan pengetahuan kesehatan gigi dan mulut, namun jika dilihat melalui rata-rata peningkatan Nilai Pengetahuan Kesehatan Gigi dan Mulut, metode penyuluhan dengan bernyanyi memiliki nilai peningkatan yang lebih tinggi.