Peran Teks Braille Terhadap Pengetahuan Kesehatan Gigi dan Mulut Anak Tunanetra: Studi Tinjauan Literatur
Main Authors: | Christy, Abigail Marisca, drg. Ambar Puspitasari,, Sp.KGA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/190887/1/Abigail%20Marisca%20Christy.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/190887/ |
Daftar Isi:
- Latar Belakang: Kesehatan rongga mulut pada anak tunanetra cenderung buruk karena tidak dapat mendeteksi gejala awal inflamasi gigi melalui indra penglihatan. Pemberian materi penyuluhan kesehatan gigi dan mulut dengan Braille merupakan penyesuaian agar anak tunanetra dapat memahami kesehatan rongga mulut dengan lebih baik. Tujuan: Mengetahui peran teks Braille terhadap peningkatan pengetahuan kesehatan gigi dan mulut anak tunanetra. Metode: Literature review bersumber dari 7 jurnal yang didapat melalui database online dengan kata kunci visually impaired children OR blind children AND braille AND dental health education AND oral hygiene OR oral health knowledge. Hasil: Tingkat pengetahuan awal anak tunanetra terhadap antar siswa tunanetra adalah rendah dan/atau sedang, sehingga berpotensi dilakukan penyuluhan kesehatan gigi dan mulut. Proses membaca Braille menimbulkan reaksi pada otak anak tunanetra dan menunjukkan adanya memori verbal. Peningkatan pengetahuan kesehatan gigi dan mulut dicapai saat anak tunanetra berhasil untuk memahami penyuluhan yang diberikan dalam teks Braille. Kesimpulan: Teks Braille berperan sebagai sumber informasi pengetahuan kesehatan gigi dan mulut pada anak tunanetra. Melalui teks Braille, kemampuan memori kerja anak tunanetra menjadi lebih baik. Pamflet atau booklet Braille diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan kesehatan gigi dan mulut anak tunanetra dengan efektif.