Penentuan Strategi Perusahaan dengan Quantitave Strategic Planning Matrix pada PT Jasa Tirta Energi
Main Authors: | Dewanti, Violita Putri, Ir. Wifqi Azlia, ST., MT. |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/190826/1/VIOLITA%20PUTRI%20DEWANTI.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/190826/ |
Daftar Isi:
- PT Jasa Tirta Energi merupakan perusahaan pengembangan energi listrik berbasis Energi Baru dan Terbarukan. Pada tahun 2020 terjadi penurunan rata-rata pendapatan sebesar 5,7 persen apabila dibandingkan dengan tahun sebelumnya yakni tahun 2019. Dalam penerapan strategi perusahaan masih belum mampu mempertahankan atau meningkatkan pendapatan yang sudah ada sehingga diperlukan penentuan strategi untuk mengidentifikasi faktor-faktor lingkungan eksternal dan internal serta merekomendasikan strategi yang paling sesuai bagi PT Jasa Tirta Energi mencakup Divisi Energi dan Divisi Konstruksi. Metode penelitian ini diawali dengan mengidentifikasi faktor-faktor lingkungan eksternal berupa opportunities dan threats yang disusun pada Matriks External Factor Evaluation (EFE), dan faktor-faktor lingkungan internal berupa strengths dan weakness yang disusun pada Matriks Internal Factor Evaluation (IFE). Setelah memperoleh faktorfaktor internal dan eksternal kemudian dilanjutkan dengan Matriks Internal-Ekstenal (IE) untuk mengetahui posisi perusahaan. Selanjutnya penyusunan Matriks Strength-Weakness- Opportunites-Threats (SWOT) berdasarkan faktor-faktor internal dan eksternal yang dimiliki perusahaan. Setelah itu melakukan pencocokan korelasi informasi atas hasil Matriks IE dan pengembangan strategi pada Matriks SWOT kemudian mengevaluasi alternatif strategi yang sesuai dengan kondisi perusahaan dengan menggunakan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Hasil dari penelitian yang dilakukan diketahui bahwa terdapat 17 atribut faktor eksternal dan 18 atribut faktor internal yang berpengaruh terhadap perusahaan. Hasil perhitungan skor masing-masing menghasilkan nilai sebesar 3,05 dari Matriks EFE perusahaan dan Matriks IFE Perusahaan sebesar 2,54. Berdasarkan hasil plot masingmasing Matriks IE menunjukkan berada pada sel II yang dapat diartikan sebagai Growth and Build dimana alternatif strategi yang dapat digunakan atau paling sesuai adalah Forward Integration, Backward Integration, Market Penetration dan Product Development. Dari QSPM didapatkan strategi dengan nilai total Total Attractiveness Score (TAS) tertinggi adalah strategi Market Penetration yaitu sebesar 6,12. Kemudian urutan kedua yaitu strategi Backward Integration dengan total TAS sebesar 6,03, urutan selanjutnya strategi Product Development dengan total TAS sebesar 5,68 diikuti strategi Forward Intergration dengan total TAS sebesar 5,