Evaluasi Pengaruh Kemampuan Restoratif terhadap Revisit Intention dari Taman Tematik di Kota bandung

Main Authors: Herawan, Shafira Ranandya, Johannes Parlindungan, S.T., M.T., Ph.D., Wulan Dwi Purnamasari, S.T., M.T.
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/190793/1/SHAFIRA%20RANANDYA%20HERAWAN.PDF
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/190793/
Daftar Isi:
  • Salah satu cara yang banyak dipilih sebahai upaya meredam perasaan stress dan lelah adalah dengan melakukannya kunjungan terhadap lingkungan yang memiliki unsur-unsur alam. Kemampuan ini dapat disebut dengan kemampuan retsoratif. Kemampuan restoratif dapat dilihat dari empat aspek mernurut pasini et.al. (2014) yaitu sense of being away, fascination, extent, dan compatibility. Sebuah taman selain menjadi sarana yang dapat memenuhi kebutuhan warga juga dapat mengundang wisatawan untuk mengunjungi suatu kota. Taman-taman tematik di Kota Bandung merupakan salah satu atraksi wisata dari kota bandung maka perlu dipahami bagaimana cara mengembangkan rasa kepuasan untuk wisatawan sehingga ingin berkunjung kembali (Octaviany, 2017). Revisit intention menurut Ro (2006) merupakan suatu ekstensi dari rasa kepuasan seorang dan dapat dibagi menjadi dua aspek yaitu intention to recommend dan intention to revisit. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, ditemukan bahwa para pengunjung lima taman tematik di Kota Bandung yaitu Taman Alun-Alun Kota Bandung, Taman Balai Kota Bandung, Taman Fotografi, Taman Musik, dan Taman Lalu Lintas cenderung cukup mengalami seluruh aspek aspek kemampuan restoratif dengan Taman Balai Kota memiliki nilai tertinggi untuk sense of being away dan fascination sementara Taman Musik memiliki nilai tertinggi untuk extent dan Taman Alun Alun memiliki nilai tertinggi untuk compatibility. Banyak pengunjung taman yang cenderung lebih memilih untuk hanya merekomendasikan taman dan tidak mengunjungi kembali taman. Kemampuan restoratif sendiri merupakan faktor utama yang mempengaruhi revisit intention pengunjung dengan aspek fascination dan compatibility aspek yang memiliki hubungan positif dengan intention to revisit dan intention to recommend dari keempat taman taman tematik di Kota Bandung sementara terdapat hubungan negatif antara extent dan kedua aspek revisit intention dari Taman Musik.