Efektivitas Implementasi Kebijakan Otonomi Khusus Dalam Upaya Meningkatkan Partisipasi Sekolah Anak Di Kabupaten Fakfak Papua Barat

Main Author: Faisal, Nof
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/190788/1/Nof%20faisal%20%282%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/190788/
Daftar Isi:
  • Salah satu tujuan dari pelaksanaan otonomi khusus Papua adalah meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui peningkatan akses pendidikan anak Papua. Indeks pendidikan dapat memberikan gambaran tentang kesejahteraan masyarakat dari sisi dimensi manusia. Keberadaan Otonomi Khusus yang mendapat dana otsus yang jumlahnya tidak sedikit, harusnya cukup dan bisa membantu dalam peningkatan kualitas dna kuantitas SDM dalam sektor pendidikan dengan membangun sarana dan prasrana juga penunjang pendidikan. Pelaksanaan otonomi khusus di kabupaten FakFak Papua Barat telah berlangsung selama kurang lebih satu setengah decade. Oleh karena itu, perlu dikaji bagaimana efektivitas pelaksanaan kebijakan otonomi khusus di provinsi ini khususnya dalam rangka upaya meningkatkan akses masyarakat terhadap pendidikan. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Lokasi penelitian di Kabupaten Fakfak Papua Barat. Data primer diperoleh dengan wawan-cara. Data sekunder diperoleh dengan mencari dokumen-dokumen yang sesuai tema penelitian. Implementasi kebijakan Otonomi Khusus dalam bidang pendidikan dalam penerapannya pada Pemerintah Kabupaten Fakfak masih belum efektif, keberadaan sarana dan prasarana penunjang pendidikan dirasa masih belum layak, meskipun dana otonomi khusus yang dibarengkan dengan keberadaan otonomi khusus Papua sudah cukup besar. Kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan otonomi khusus di bidang pendidikan terdiri dari kendala komunikasi, kendala Sumber daya, kendala disposisi dan rendahnya kompetensi birokrat.