Persepsi dan Preferensi Wisatawan pada Kawasan Cagar Budaya Trowulan

Main Authors: Laila, Rohmatul, Dr. Ir. Agus Dwi Wicaksono, Lic.rer.reg., Dian Dinanti, ST., MT.
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/190786/1/ROHMATUL%20LAILA.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/190786/
Daftar Isi:
  • Kecamatan Trawulan sebagai pusat wisata Kerajaan Majapahit menjadi salah satu Kawasan Strategi Pariwisata tingkat Nasional (KSPN). Sebagai wisata budaya unggulan di Mojokerto, pengelolaan wisata budaya di Trowulan belum dilakukan secara maksimal, terlihat dalam tren penurunan jumlah pengunjung setiap tahunnya. Dalam RTRW Kabupaten Mojokerto Tahun 2012-2032, situs cagar budaya yang diprioritaskan pengembangannya antara lain Kolam Segaran, Museum Trowulan, Pendopo Agung Trowulan, Situs Kedaton, Lantai segienam dan Kompleks Makam Troloyo, Candi Brahu, Candi Wringin Lawang, Candi Tikus, Candi Bajang Ratu. Penelitian ini berkaitan dengan penilaian kepuasan wisatawan terhadap kualitas pelayanan wisata yang diterima pengunjung yang diolah menggunakan analisis Importance Performance Analysis (IPA). Terdapat lima dimesi pelayanan antaralain Reliability (keandalan), Responsiveness (Daya tanggap), Assurance (jaminan), Empaty (perhatian), Tangibels (bukti langsung). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa masih banyak atribut pelayanan wisata di Cagar Budaya Trowulan belum memenuhi harapan wisatawan, terutama pada aspek budaya yang menjadi atraksi utama kawasan tersebut.Tujuan dari penelitian adalah dapat mengetahui prioritas atribut pelayanan yang perlu diperbaiki sehingga kualitas pelayanan wisata di Cagar Budaya mendapat respon positif dari wisatawan di masa mendatang.