Pengaruh Turbulensi Lingkungan, Kapabilitas DInamik, Entrepreneurial Marketing, Aliansi Strategis dan Kebijakan Pemerintah terhadap Keunggulan Bersaing Berkelanjutan (Studi Pada Usaha Ekonomi Kreatif di Malang Raya)

Main Author: Khouroh, Umu
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/190757/1/UMU%20KHOUROH.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/190757/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh turbulensi lingkungan, kapabilitas dinamik, entrepreneurial marketing, aliansi strategis, kebijakan pemerintah terhadap pencapaian keunggulan bersaing berkelanjutan UMKM ekonomi kreatif. Sekaligus menguji peran mediasi entrepreneurial marketing dan aliansi strategis dalam hubungan antara turbulensi lingkungan dan kapabilitas dinamik dengan keunggulan bersaing berkelanjutan dan menguji efek moderasi kebijakan pemerintah dalam hubungan antara entrepreneurial marketing dan aliansi strategis dengan keunggulan bersaing berkelanjutan Penelitian ini dilakukan pada 130 UMKM ekonomi kreatif kerajinan yang ada di Malang Raya. Alat analisis yang digunakan adalah SEM-PLS dengan software WarpPLS6.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa turbulensi lingkungan dan aliansi strategis tidak berpengaruh signifikan terhadap keunggulan bersaing berkelanjutan. Kapabilitas dinamik dan entrepreneurial marketing berpengaruh signifikan terhadap keunggulan bersaing berkelanjutan. Entrepreneurial marketing dan aliansi strategis tidak memediasi hubungan turbulensi lingkungan dengan keunggulan bersaing berkelanjutan. Entrepreneurial marketing memediasi secara parsial hubungan kapabilitas dinamik dengan keunggulan bersaing berkelanjutan. Kebijakan pemerintah memoderasi semu pengaruh entrepreneurial marketing dan aliansi strategis terhadap keunggulan bersaing berkelanjutan sekaligus menjadi prediktor bagi keunggulan bersaing berkelanjutan. Loading faktor tertinggi ditunjukkan oleh entrepreneurial marketing diikuti kapabilitas dinamik, kebijakan pemerintah, aliansi strategis dan turbulensi lingkungan. Dengan demikian UMKM ekonomi kreatif harus fokus pada pengembangan entrepreneurial marketing dan kapabilitas dinamik sekaligus mengoptimalkan aliansi strategis agar berdampak besar pada keunggulan bersaing berkelanjutan. Pemerintah dapat memperkuat entrepreneurial marketing dan aliansi strategis tersebut sekaligus memberikan fasilitasi, dukungan dan kebijakan yang mendorong peningkatan keunggulan bersaing berkelanjutan.