Pengaruh Corporate Governance dan Corporate Social Responsibility terhadap Cost of Capital dan dampaknya terhadap Firm Value (Studi Empiris di Bursa Efek Indonesia)
Main Author: | Titisari, Kartika Hendra |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/190755/1/KARTIKA%20HENDRA%20T.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/190755/ |
Daftar Isi:
- Corporate governance dan corporate social responsibility adalah merupakan hal penting untuk keberlanjutan perusahaan yang mempengaruhi firm value. Pada saat yang sama, hasil penelitian di beberapa negara memberikan bukti empiris yang beragam. Penelitian ini bertujuan menganalisis dampak corporate governance dan corporate social responsibility pada firm value melalui cost of capital di perusahaan publik di Indonesia. Populasi penelitian ini adalah perusahaan yang telah menerbitkan Sustainability Report tahun 2016 sebanyak 48 perusahaan. Namun sebagian perusahaan tidak menerbitkan secara rutin selama periode pengamatan dari tahun 2010 hingga 2016. Penelitian ini menggunakan syarat populasi, perusahaan tidak menerbitkan sustainabily report maksimal 1 tahun. Sehingga diperoleh popoulasi sebanyak 27 perusahaan, yang digunakan seluruhnya sebagai sampel penelitian (sampel jenuh) dengan jumlah observasi 189. Metode analisis menggunakan analisis jalur, dengan Warp PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa corporate governance dan corporate social responsibility memiliki efek langsung dan tidak langsung pada firm value. Pengujian langsung, corporate governance berdampak pada penurunan firm value, sedangkan corporate social responsibility berdampak pada peningkatan firm value. Cost of capital bertindak sebagai variabel mediasi dalam hubungan ini. Corporate governance dan corporate social responsibility berdampak pada penurunan cost of capital dan penurunan cost of capital berdampak pada peningkatan firm value. Temuan menunjukkan bahwa corporate governance dan corporate social responsibility dapat meningkatkan kinerja perusahaan dan citra perusahaan secara internal dan eksternal, sehingga meningkatkan kepercayaan investor, dan perusahaan memiliki kesempatan untuk mendapatkan sumber pendanaan murah yang dapat mengurangi cost of capital. Penurunan cost of capital dapat meningkatkan profitabilitas dan berdampak pada peningkatan firm value