Analisis Pengaruh Online Advertising Dan Sales Promotion Terhadap Customer Loyalty Melalui Pendekatan Structural Equation Model (Studi Kasus Grabfood Area Dki Jakarta)
Main Authors: | Miranda, Natasya, L. Tri Wijaya Nata Kusuma, ST., MT., Ph.D. |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/190748/2/Natasya%20Miranda.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/190748/ |
Daftar Isi:
- Pada era industri 4.0 perkembangan teknologi internet sangatlah pesat. Hal ini ditandai dengan aktivitas sehari-hari manusia yang semakin lama semakin bergantung pada teknologi. Nyatanya masyarakat cenderung selektif dalam memilih kebutuhannya sampai dengan keputusan untuk membeli. Berawal dari hanya untuk memenuhi kebutuhan pokok yang sederhana berkembang memunculkan keinginan yang lain sehingga semakin kompleks. Dinamika ini dijadikan acuan perusahaan Grab dalam menetapkan penjualan produk GrabFood secara online dengan strategi digital marketing yang efektif dan efisien agar dapat seutuhnya merebut hati konsumen untuk pemakaian secara berulang. Pada penelitian ini digunakan 3 variabel pendukung untuk memajukan perkembangan bisnis perusahaan Grab produk GrabFood yaitu online advertising, sales promotions, dan customer loyalty. Penelitian ini menggunakan metode SEM atau Structural Equation Model yang bertujuan untuk menentukan hubungan signifikansi antara online advertising terhadap customer loyalty dan sales promotions terhadap customer loyalty. Langkah awal dalam menggunakan pendekatan SEM ialah tahap pengumpulan data. Hasil dari pengumpulan data digunakan untuk menentukan tingkat signfikansi antar variabel. Selanjutnya ialah tahap uji validitas dan realibilitas, analisis SEM yaitu measurement model, goodness of fit, dan yang terakhir ialah uji asumsi analisis SEM. Hasil dari software AMOS 26 dengan menggunakan metode SEM menunjukan bahwa hubungan variabel Online Advertising berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap Customer Loyalty. Selanjutnya hubungan variabel Sales Promotions berpengaruh positif dan signifikan terhadap Customer Loyalty.