Pengaruh Psikologis Dan Sosial Demografi Dengan Consumer Innovativeness Sebagai Mediator Terhadap Consumer Adoption Of Innovation (Studi Pada Konsumen Telepon Seluler Di Kota Malang)

Main Author: Prajogo, Uke
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/190709/1/Uke%20Prajogo%20%282%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/190709/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh psikologis dan sosial demografi dengan consumer innovativeness sebagai mediator terhadap consumer adoption of innovation (Studi Pada Konsumen Telepon Seluler di Kota Malang). Penelitian dilakukan terhadap konsumen telepon seluler di Kota yang melakukan pembelian telepon seluler di Meteor Cell. Metode sampling yang digunakan adalah teknik convenence sampling dengan jumlah sampel sebanyak 325 responden. Data dari responden yang sudah terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan pendekatan SEM (Structural Equation Model) dengan Program Amos versi 21 Hasil penelitian membuktikan bahwa psikologis dan sosial demografi tidak menyebabkan consumer adoption of innovation. Temuan penelitian ini adalah Consumer innovativeness terbukti memediasi secara penuh pengaruh psikologis terhadap consumer adoption of innovation. Consumer innovativeness juga terbukti memediasi secara penuh pengaruh sosial demografi terhadap consumer adoption of innovation. Consumer adoption of innovation dapat ditingkatkan apabila psikologis dan sosial demografi diikuti dengan consumer innovativeness, dengan meningkatkan RAM, kapasitas baterai, memori internal, jaringan 4G, dan pixel kamera.