Pengaruh Spiritualitas Destinasi Wisata, Word Of Mouse Dan Citra Destinasi Wisata Terhadap Niat Berkunjung (Studi Pada Wisatawan Mancanegara Yang Berkunjung Ke Candi Borobudur Dengan Pemoderasi Multigrup Sosio-Demografi)

Main Author: Hermawan, Budi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/190707/1/Budi%20Hermawan%20%282%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/190707/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menjelaskan pengaruh spiritualitas destinasi wisata terhadap niat berkunjung wisatawan mancanegara ke Candi Borobudur. Penelitian ini menggunakan variabel mediasi word of mouse dan citra destinasi wisata, sedangkan sosio-demografi digunakan sebagai variabel moderasi multigrup. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wisatawan mancanegra yang pernah mengunjungi Candi Borobudur dengan kriteria: (1) beragama Buddha, (2) waktu kunjungan antara tahun 2012 hingga tahun 2015, dan (3) memiliki akun Facebook. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling tidak acak dengan kuota. Ukuran sampel sebesar 144 responden yang terbagi dalam 2 sub sampel berdasarkal asal tempat tinggal wisatawan yaitu Asia sebesar 71 responden, dan dari luar Asia sebesar 73 responden. Responden yang memenuhi kriteria dikirimi link e-questionnaire melalui Facebook® messengernya. Analisis GeSCA Multigrup digunakan untuk menjawab hipotesis penelitian. Temuan penelitian menunjukan (1) semakin tinggi spiritualitas destinasi wisata akan meningkatkan niat berkunjung baik secara langsung maupun melalui word of mouse dan citra destinasi wisata; (2) variabel sosio-demografi memoderasi pengaruh spiritualitas destinasi wisata terhadap citra destinasi wisata. Penelitian ini memberikan implikasi teoritis antara lain (1) memperdalam model niat berkunjung dengan memasukan spiritualitas destinasi wisata sebagai variabel antesenden; (2) spiritualitas destinasi wisata mempengaruhi word of mouse dan citra destinasi wisata secara langsung; (3) spiritualitas destinasi wisata mempengaruhi niat berkunjung melalui word of mouse dan citra destinasi wisata sebagai variabel mediasi.