Hubungan Antara Usia Dan Pendidikan Orang Tua, Serta Interaksi Sosial Keluarga Terhadap Kecerdasan Emosional Anak Pra Sekolah

Main Authors: Hapsari, Pradita Tri, dr. Saptadi Yuliarto,, M.Kes, Sp.A(K), Krisjentha Iffah A, S.Keb, Bd., M.Kes
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/190692/1/Pradita%20Tri%20Hapsari.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/190692/
Daftar Isi:
  • Latar Belakang : Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak pada saat wabah Covid-19 mencatat data SIMFONI PPA sebanyak 3.087 terjadi kasus kekerasan anak yaitu kekerasan fisik sebanyak 852 kasus, psikis sebanyak 768 kasus, dan seksual sebanyak 1.848 kasus per tanggal 1 Januari – 19 Juni 2020. Kecerdasan emosional yang tinggi pada remaja cenderung akan menunjukkan perilaku nakal yang rendah dan mampu mengontrol keinginanya. Kecerdasan emosional sebaiknya dikembangkan dan diperkuat sejak usia dini karena hal ini sangat berkaitan dengan moral, sosial, personal, dan perkembangan anak selanjutnya menjadi lebih baik. Selain bimbingan dari orang tua, TK juga didirikan untuk mengembangkan kepribadian anak dalam menghubungkan pendidikan dalam keluarga dan pendidikan di sekolah sejak dini. Tujuan penelitian : untuk mengetahui hubungan antara usia dan pendidikan orang tua serta interaksi sosial keluarga terhadap kecerdasan emosional anak pra sekolah. Metode penelitian : menggunakan desain observasional analitik dengan pendekatan cross sectional dan dianalisis menggunakan metode uji Chi Square. Penelitian ini menggunakan jumlah sampel sebanyak 96 orang tua murid di lima (5) Taman Kanak-kanak (TK) di Tanjungpadan, Kabupaten Belitung pada bulan September 2021. Hasil Penelitian : hasil pengolahan data memperlihatkan hubungan tidak signifikan untuk usia orang tua dengan kecerdasan emosional dengan perolehan nilai p value 0,204 > 0,05 (dan angka chi square sebesar 2,673, terdapat hubungan yang signifikan antara pendidikan orang tua dengan kecerdasan emosional dengan nilai p value 0,000 < 0,05 (dengan angka chi square 22,034, dan interaksi sosial keluarga terhadap kecerdasan emosional memiliki hubungan signifikan dengan p value 0,000 < 0,05 (dan nilai chi square 36,670. Kesimpulan : adanya hubungan antara usia dan pendidikan orang tua serta interaksi sosial keluarga terhadap kecerdasan emosional anak pra sekolah di lima (5) TK di Tanjungpandan, Kabupaten Belitung.