Hubungan Geodemografis Generasi Milenial dengan Customer Path Hisana Fried Chicken di Kota Malang

Main Authors: Putri., Allysa Denia, Dr. Ir. Agustina Shinta HW., MP., Dr. Dwi Retno Andriani,, SP., MP
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/190648/1/ALLYSA%20DENIA%20PUTRI.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/190648/
Daftar Isi:
  • Industri kuliner menjadi salah satu yang terus berkembang secara pesat di Kota Malang. Peningkatan yang signifikan terhadap jumlah unit restoran menyebabkan semakin tingginya tingkat persaingan. Selain itu, adanya Pandemi COVID-19 menyebabkan keterbatasan dalam melakukan kegiatan. Hisana Fried Chicken sebagai satu gerai makanan cepat saji yang telah lama berdiri mengubah 2 gerainya menjadi gerai express akibat pandemi, oleh karena itu bukanlah hal yang mudah untuk tetap bertahan dan terus populer di tengah situasi pandemi. Saat ini sering terjadi perubahan selera dan preferensi konsumen, dimana tidak lagi hanya fokus pada kebiasaan offline tetapi interaksi di lakukan di secara online sangat penting untuk diperhatikan. Selain itu karena persaingan dalam industri ini sangat ketat serta kondisi usaha yang tidak baik, maka perusahaan perlu mengetahui cara membuat konsumen membeli kembali produk/jasa dan mempertahankannya sebagai pelanggan setia dalam jangka panjang dengan memahami kebutuhan, keinginan, dan tuntutan pelanggan. Salah satu faktor penting untuk meningkatkan profitabilitas dan mempertahankan posisi suatu perusahaan adalah loyalitas. Salah satu potensi konsumen yang menawarkan peluang besar bagi pemasar adalah generasi milenial. Untuk mengetahui hubungan tersebut maka pelaku usaha khususnya Hisana Fried Chicken dapat menerapakan strategi dengan menargetkan karakteristik geo-demografis untuk meningkatkan advokasi konsumen sesuai dengan tujuan analisis customer path. Tujuan penelitian yaitu (1) Mengetahui karakteristik konsumen generasi milenial Hisana Fried Chicken di Kota Malang (2) Mengidentifikasi titik sentuh dan saluran di customer path yang terbentuk dari konsumen generasi milenial Hisana Fried Chicken di Kota Malang (3) Menganalisis hubungan karakteristik konsumen generasi milenial berdasarkan geodemografis dengan advocate dalam customer path Hisana Fried Chicken di Kota Malang. Metode penentuan sampel yang digunakan purposive dengan kriteria responden dengan tahun kelahiran 1980- 1999, berdomisili di Kota Malang, pernah mengonsumsi produk Hisana Fried Chicken di Kota Malang dengan jumlah 100 responden. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif, analisis korelasi peringkat spearman, tabulasi silang, chi-square dan cramer’s v. Hasil penelitian menunjukan bahwa mayoritas responden adalah berjenis kelamin perempuan dengan usia 22 hingga 26 tahun, belum menikah, seorang pelajar/mahasiswa, dengan pendapatan dibawah 1 juta. Mayoritas responden mengonsumsi Hisana Fried Chicken karena lokasi yang terjangkau dan kondisi iklim dan cuaca yang mendukung. Sedangkan untuk saluran komunikasi Hisana Fried Chicken yang disukai berupa media offline (datang langsung ke gerai) dan media online (media sosial) serta saluran penjualan yang menjadi favorit adalah langsung datang ke restoran. Untuk tingkatan customer path hanya pada tahap ask yang termasuk kategori sedang. Terdapat hubungan antara karakteristik geodemografis dengan customer advocate tetapi tingkatnya rendah. Untuk hubungan demografis didapatkan bahwa pendapatan signifikan dengan pemilihan vi Hisana Fried Chicken sebagai restoran favorite. Maka saran yang mungkin dapat dipertimbangkan kepada pihak Hisana Fried Chicken mempertahankan pelayanan, memberikan potongan harga sehingga dapat menarik konsumen untuk melakukan pembelian khususnya apabila melakukan pembelian secara online, meningkatkan komunikasi dengan para konsumennya melalui media sosial atau website yang terintergrasi, serta melakukan gamification.