The Effect of Marketing Mix towards Customer Satisfaction in Vespa Coffee Bar Sumbawa Barat during Covid-19 Pandemic

Main Authors: Shafara, Aliza Rizky, Dr. Riyanti Isaskar, SP., M. Si, Novi Haryati,, SP., MP.
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/190647/1/Aliza%20Rizky%20Shafara.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/190647/
Daftar Isi:
  • Indonesia memiliki potensi dalam pengembangan industri kopi dilihat dari jumlah konsumsi kopi di Indonesia yang terus bertambah setiap tahunnya. Namun, pandemi Covid-19 memberikan dampak negatif yang cukup besar bagi seluruh dunia. Untuk mengatasi hal tersebut, perusahaan perlu menciptakan inovasi dan merancang strategi pemasaran yang tepat guna mencapai kepuasan pelanggan dan meningkatkan penjualan produk atau jasa yang disediakan. Salah satu strategi pemasaran adalah bauran pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan variabel dan menganalisis pengaruh bauran pemasaran yang terdiri dari Produk, Harga, Tempat, Promosi, Orang, Proses, Bukti Fisik terhadap Kepuasan Konsumen pada Vescobar selama Pandemi Covid-19. Penelitian ini dilakukan di Vespa Coffee Bar (Vescobar) yang berlokasi di Taliwang, Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat pada bulan Desember 2021. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 80 orang. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara dan kuesioner. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan alat analisis Structural Equation Modeling – Partial Least Square (SEM-PLS) dengan aplikasi WarpPLS 7.0. Hasil analisis menunjukkan bahwa Produk, Promosi, Proses berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Produk memiliki nilai koefisien jalur sebesar 0,325 dan p-value < 0,001. Promosi memiliki nilai koefisien jalur sebesar 0,208 dan p-value 0,026. Proses memiliki nilai koefisien jalur sebesar 0,209 dan p-value 0,025. Hasil analisis juga menunjukkan bahwa Harga, Tempat, Orang, dan Bukti Fisik tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Harga memiliki nilai koefisien jalur sebesar 0,092 dan p-value 0,199. Tempat memiliki nilai koefisien jalur sebesar -0,013 dan p-value 0,453. Orang memiliki nilai koefisien jalur sebesar 0,088 dan p-value 0,210. Bukti Fisik memiliki nilai koefisien jalur sebesar 0,132 dan p-value 0,111.