Analisis Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Purchase Intention Dengan Brand Awareness Sebagai Variabel Intervening Menggunakan Pendekatan Structural Equation Modeling (SEM) (Studi Kasus Telkomsel Orbit)
Main Authors: | Hafiyyan, Giyazi Azka, L.Tri Wijaya Nata Kusuma, ST., MT., Ph.D. |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/190565/1/Giyazi%20Azka%20Hafiyyan.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/190565/ |
Daftar Isi:
- PT. Telekomunikasi Selular atau dikenal dengan Telkomsel merupakan operator telekomunikasi selular Indonesia. Telkomsel merupakan anak perusahaan dari PT. Telkom Indonesia, sebuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yang bergerak di industri telekomunikasi. Telkomsel meluncurkan produk baru bernama Telkomsel Orbit pada Juli 2020. Sebagai pemain baru di layanan internet wifi rumahan, persaingan tidak hanya datang dari sesama operator yang meluncurkan layanan sejenis, tetapi juga Fibre Internet Service Provider yang sudah lama berdiri di layanan internet rumahan. Saat ini, Telkomsel Orbit memiliki 243.700 pelanggan. Namun, angka tersebut masih terpantau jauh dari kompetitor-kompetitornya. Sebagai produk yang umurnya tergolong muda dan baru di pasar dengan banyak pesaing, sangat penting bagi Telkomsel Orbit untuk mendapatkan perhatian pelanggan. Tidak dapat dipungkiri bahwa social media marketing merupakan komponen yang sangat penting bagi strategi pemasaran Telkomsel Orbit, namun perlu ditelaah juga apakah social media marketing yang sudah diterapkan dapat menarik perhatian calon pembeli pada variabel brand awarness. Sebagai produk yang tergolong baru di pasar, diperlukan penyusunan strategi pemasaran yang baik agar Telkomsel Orbit dapat mengenalkan produk mereka ke pasar. Pada penelitian ini, akan diteliti mengenai analisis pengaruh social media marketing terhadap purchase intention dengan variabel intervening yaitu variabel brand awareness dari Telkomsel Orbit. Metode yang dihgunakan pada penelitian ini adalah Structural Equation Modelling. Berdasarkan hasil dari penelitian, didapatkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara variabel Social Media Marketing terhadap Purchase Intention melalui variabel Brand Awareness sebagai variabel intervening dari Telkomsel Orbit. Hal tersebut dapat dijadikan rekomendasi bagi Telkomsel Orbit untuk meningkatkan penjualan