Hubungan Jangka Panjang Dan Kinerja Rantai Pasokan Yang Dimediasi Teknologi Informasi, Berbagi Informasi Dan Integrasi Rantai Pasokan (Studi Pada Unit Usaha Kecil Menengah Di Malang Raya)
Main Author: | Waluyowati, Nur Prima |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/190553/1/Nur%20Prima%20Waluyowati.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/190553/ |
Daftar Isi:
- Pada akhir tahun 2015 akan diberlakukan pasar tunggal ASEAN, atau lebih dikenal dengan ASEANEconomic Community (AEC/Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)). AEC memberikan peluang bagi daerah untuk meningkatkan perekonomian daerahnya, salah satunya melalui perluasan pasar internasional bagi produk-produk unggulan daerah.Dengan hambatan perdagangan yang semakin kecil, diharapkan semakin banyak produk-produk daerah, khususnya yang dihasilkan oleh UMKM dapat menembus pasar internasional ASEAN. Selain itu, pemberlakuan AEC akan menjadi tantangan bagi pemerintah daerah dalam upaya pembangunan perekonomian, khususnya pemberdayaan UKM agar UKM di Indonesia dapat berkompetisi di pasar global, terutama di ASEAN. Dalam Persaingan perusahaan manufaktur mengarah pada persaingan biaya rendah, fluktuasi harga, keinginan pelanggan, serta fluktuasi perekonomian. Manajemen rantai pasokan tentunya menjadi salah satu solusi untuk menghasilkan efisiensi, dengan mengimplementasikan hubungan jangka panjang, penerapan tekhnologi informasi, berbagi informasi dan mengintegrasikan rantai pasokan.UKM di Malang Raya mewakili kondisi yang dialami UKM pada umumnya, dilihat dari rata-rata variabelnya Hubungan Jangka Panjang memiliki skor tertinggi, diikuti, Integrasi Rantai Pasokan, Kinerja Rantai Pasokan, Berbagi Informasi, dan terakhir adalah Teknologi Informasi. Dengan gambaran rata-rata ini, maka dapat dideskripsikan bahwa UKM Malang Raya, sangat paham terkait menaikan daya saing mereka melalui mengelola Hubungan Jangka Panjang dan Rantai Pasokan, namun kesadaran ini tidak diimbangi dengan Pemanfaatan akan Teknologi Informasi. Penelitian ini dilakukan pada 194 responden UKM di Malang Raya, dengan menggunakan alat analisis m Equation Modelling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan jangka panjang pada UKM mendorong peningkatan penggunaan tekhnologi informasi, berbagi informasi, integrasi rantai pasokan dan kinerja rantai pasokan secara langsung. Secara tidak langsung hubungan jangka panjang dapat mempengaruhi kinerja rantai pasokan, melalui tekhnologi infromasi, integrasi rantai pasokan dan berbagi informasi. Hasil tersebut membuktikan bahwa hubungan jangka panjang pada UKM merupakan modal dasar bagi UKM untuk menghadapi persaingan yang semakin ketat.