Analisis Pengaruh Ekuitas Merek Coffee Shop Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus di Amstirdam Coffee Malang)
Main Authors: | Sari, Riska Widya Novita, Dr. Retno Astuti,, S.TP., MT., Riska Septifani, S.TP., MP. |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/190489/1/Riska%20Widya%20Novita%20Sari.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/190489/ |
Daftar Isi:
- Merek bukan sekedar nama atau tanda, tetapi merek merupakan sebuah upaya dari perusahaan untuk memberikan gambaran pada konsumen. Oleh karena itu pengetahuan tentang elemen pembangun untuk membuat ekuitas merek yang prestisius serta bagaimana pengukurannya sangat diperlukan untuk menyusun tahapan dalam meningkatkan eksistensi merek sehingga dapat meningkatkan keuntungan perusahaan. Pertumbuhan jumlah kedai kopi berjalan seiring dengan perkembangan kebiasan minum kopi di luar rumah. Orang kini pergi ke coffee shop tidak hanya untuk mencicipi kopi khas coffee shop itu sendiri. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara dimensidimensi ekuitas merek dengan keputusan pembelian konsumen serta variabel penyusun ekuitas merek manakah yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen di Amstirdam Coffee Malang. Jumlah sampel yang diambil menggunakan rumus Hair dengan jumlah yang didapatkan 102 responden. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Regresi Linear Berganda. Data yang diperlukan adalah data primer diperoleh dari responden tentang merek produk yang menjadi objek dari sumber yang ditelitidan. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa brand awareness, brand association, perceived quality dan brand loyalty sebagai penyusun brand equity berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Nilai dari uji parsial tersebut adalah 6,033 untuk variabel brand awareness; 7,335 untuk variabel brand association; 8,459 untuk variabel perceived quality; dan 10,140 untuk variabel brand loyalty. Nilai uji parsial tertinggi yaitu pada variable brand loyalty