Karakteristik Antrian Pelayanan Pemungutan Pajak Kendaraan Bermotor Menggunakan Model Antrian Single Channel – Multi Phase (Studi Kasus Drive Thru SAMSAT Jakarta Timur)

Main Authors: Dewi, Mellisa Cahaya, Prof. Dr. Agus Widodo, M.Kes
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/190455/1/175090407111033%20-%20mellisa%20cahaya.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/190455/
Daftar Isi:
  • SAMSAT (Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap) adalah suatu sistem kerjasama terpadu antara Polri, Dinas Pendapatan Daerah, dan PT Jasa Raharja (Persero) dalam pelayanan untuk menerbitkan STNK dan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor yang dikaitkan dengan pemasukan uang ke kas negara. Pada skripsi ini membahas karakteristik antrian yang harus dilalui oleh pembayar pajak kendaraan mobil dan motor pada pelayanan drive thru SAMSAT Jakarta Timur dengan pengambilan data primer pada tanggal 5 – 16 April 2021. Data yang diambil merupakan jumlah kedatangan dan waktu pelayanan pada setiap tahap. Model antrian yang digunakan pada skripsi ini adalah (M/M/1):(FCFS/∞/∞) dimana pembayar pajak harus melalui dua tahap pelayanan yaitu dimulai dari tahap pendaftaran dan tahap pembayaran. Berdasarkan hasil perhitungan rata – rata karakteristik antrian pelayanan drive thru pada tanggal 5 – 16 April 2021 diperoleh tingkat kesibukan ( untuk antrian mobil sebesar 0,50071 pada tahap pertama dan 0,51651 pada tahap kedua. Sedangkan tingkat kesibukan untuk antrian motor sebesar 0,74004 pada tahap pertama dan 0,72072 pada tahap kedua. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa tingkat kesibukan pelayanan drive thru SAMSAT Jakarta Timur pada setiap tahapnya cukup lancar