Pengaruh Kualitas Implementasi Model Pembelajaran Tipe Student Teams-Achievements Divisions (STAD) Dan Model Pembelajaran Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Komputer dan Informatika Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis Di Smk Negeri 5 Malang
Main Authors: | Sari, Duwi Ajeng Intan, Admaja Dwi Herlambang, S.Pd., M.Pd., Satrio Hadi Wijoyo, S.Si., S.Pd., M.Kom |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/190318/1/0520150137-Duwi%20Ajeng%20Intan%20Sari.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/190318/ |
Daftar Isi:
- Permasalahan pada SMK Negeri 5 Malang terutama pada kelas X yaitu kurangnya keaktifan siswa pada saat pembelajaran berlangsung, dan hasil belajar pada ranah kognitif belum mengalami peningkatan yang signifikan. Penelitian dilakukan guna untuk mengetahui pengaruh implementasi model pembelajaran terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Metode yang dipakai dalam penelitian ini yaitu metode Quasi Experiment atau eksperimen semu dengan memakai desain penelitian None-Equivalent Control Group. Eksperimen menggunakan model pembelajaran tipe Student Teams-Achievements Divisions (STAD) kepada kelas X TKI 3 serta model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) sebagai variabel pengontrolnya kepada kelas X TKI 5. Instrumen yang dipakai yakni berupa soal tertulis. Sebelum uji hipotesis harus melalui uji kenormalan data dan homogenitas data. Pada hasil uji kenormalan data ditemukan data tidak berdistribusi normal oleh karena itu menggunakan uji statistik nonparameterik. Teknik analisis data yang dilakukan meliputi Uji t sampel bebas menggunakan uji Man Whitney dan Uji t sampel berpasangan menggunakan Uji Wilcoxon. Pengujian dengan dibantu software SPSS versi 25 yang menghasilkan kesimpulan bahwa (1) Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division berpengaruh dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada ranah kognitif dengan hasil menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Yang berarti H0 ditolak dengan kesimpulan menyatakan ada perbedaan hasil belajar pre test ke post test siswa atas penerapan model ini. (2) Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berpengaruh dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada ranah kognitif dengan hasil menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima dengan kesimpulan menyatakan ada perbedaan hasil belajar pre test ke post test siswa atas penerapan model ini. (3) Namun dengan demikian menggunakan model Student Teams Achievement Division menghasilkan rata-rata yang lebih baik daripada model pembelajaran Numbered Head Together. Dengan hasil post test menunjukkan 86,56 dibanding dengan implementasi model Numbered Head Together mempunyai rata-rata 77,88.