Pengaruh Kualitas Pelayanan SIM Terhadap Kepuasan Masyarakat

Main Authors: Pradana, Shiena Kharisma, Firda Hidayati, S.Sos, MPA., DPA, Rendra Eko Wismanu, S.AP., M.AP
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/190308/1/Shiena%20Kharisma%20Pradana.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/190308/
Daftar Isi:
  • Pelayanan publik dapat didefinisikan sebagai suatu proses pemenuhan kebutuhan, keinginan, dan harapan masyarakat oleh pegawai pemerintah, khususnya instansi-instansi maupun organisasi-organisasi yang bertanggungjawab terhadap pelayanan masyarakat. Apa yang harus diperhatikan dan dilakukan oleh penyelenggara pelayanan publik dalam memenuhi kebutuhan, keinginan, dan harapan masyarakat adalah kualitas pelayanan yang baik. Ketika kualitas pelayanan yang diberikan oleh penyelenggara pelayanan publik sudah baik, maka akan tercapai kepuasan masyarakat. Penelitian ini membahas mengenai kepuasan masyarakat di SATPAS Polresta Malang Kota yang menjadi tolak ukur kepuasan masyarakat dapat dilihat dari kualitas pelayanan yang diberikan oleh SATPAS Polresta Malang Kota. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang berlokasi di Kota Malang, sedangkan situsnya berada di Satuan Penyelenggara Administrasi SIM Polresta Malang Kota. Sumber data primer diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada para pemohon SIM yang memenuhi syarat sebagai responden, sedangkan data sekundernya diperoleh dari dokumendokumen yang berhubungan dengan topik penelitian. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner dan dokumentasi. Sedangkan instrumen penelitiannya adalah peneliti sendiri, dan beberapa alat penunjang seperti kuesioner, dan alat bantu lainnya. Hasil analisis pengujian hipotesis secara simultan dan parsial dapat diketahui bahwa variabel kualitas pelayanan (X) berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan masyarakat terkait dengan pelayanan SIM di SATPAS Polresta Malang Kota. Selain itu, kualitas pelayanan menunjukkan hubungan yang kuat dengan kepuasan masyarakat. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan nilai koefisien korelasi sebesar 0,776 karena apabila hasil perhitungan koefisien korelasi menunjukkan angka 0,60 sampai dengan 0,799 artinya hubungan antara kedua variabel adalah kuat. Dan diperoleh juga nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka mempunyai hubungan yang positif dan signifikan.