Analisis Kepuasan Pengguna Layanan Surat Keteranganelektronik

Main Authors: Ningtyas, Desi Aprilia, Dr. Drs. Siswidiyanto, . M.S., Dr. Moh Said,, S.Sos, M.AP
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/190163/1/DESI%20APRILIA%20NINGTYAS.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/190163/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini peneliti lakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah studi kasus pada Inovasi Layanan E-Suket di Kelurahan Kota Kediri mendapatkan kepuasan di masyarakat sebagai upaya peningkatan pelayanan pemerintah kelurahan di Kota Kediri, dalam merubah system pelayanan publik secara offline menjadi system pelayanan publik secara online. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan 9 unsur indikator untuk mengukur kepuasan masyarakat terhadap layanan E-Suket di Kelurahan Kota Kediri. Berikut merupakan 9 Indikatornya: Persyaratan, Prosedur Pelayanan, waktu pelayanan, biaya dan tarif, produk spesifikasi jenis pelayanan, kompetensi pelaksanaan, perilaku pelaksanaan, penanganan pengaduan, saran dan masukan serta sarana prasarana. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa masyarakat puas terhadap pelayanan E-Suket yang diberikan oleh pemerintah untuk memudahkan pelayanan dalam berbasis e-government pada layanan penggunaan surat keterangan elektronik ( E-Suket ) di kelurahan kota kediri. Masyarakat juga dibuat untuk lebih mengerti dan lebih memahami teknologi informasi di dalam kehidupan untuk memudahkan pelayanan – pelayanan yang nantinya akan berbasis online oleh pemerintah. Dengan adanya sistem ini pelayanan E-Suket ini masyarakat bisa melakukan permohonan pembuatan surat kapan saja dan dimana saja. Namun dalam penerapan pelayanan berbasis E-suket ini, masih terdapat kurangnya kesadaran masyarakat tentang teknologi informasi dalam penggunaan aplikasi E-suket. Untuk itu pemerintah harus lebih sigap lagi dalam membimbing masyarakat yang belum sadar tentang internet agar pelayanan E-suket secara online bisa berjalan dengan baik.