Re-Design Layout Ruang Akomodasi Penumpang Kapal Ro-Ro dengan Systematic Layout Planning (SLP) dalam Upaya Pencegahan COVID-19

Main Authors: Alim, Rafika Aulia, Sunardi, , ST., MT., Ir. Wifqi Azlia., ST., MT., IPM.
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/190055/1/175060707111038%20-%20Rafika%20Aulia%20Alim.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/190055/
Daftar Isi:
  • Kapal Roll On – Roll Off atau yang sering disebut kapal Ro-Ro adalah angkutan transportasi laut yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia karena harga yang ekonomis dibandingkan transportasi lain dan juga dapat mengangkut kendaraan dengan jalur penyebrangan yang sangta bervariasi mulai dari Jawa, Bali hingga Kalimantan. Penyebaran COVID-19 dalam sebuah penelitian terbukti mengebar ke 75% orang dalam transportasi dikarenakan beberapa hal, salah satunya adalah desain transportasi tersebut belum ramah akan COVID-19 sehingga virus COVID-19 masih dapat tersebar dengan mudah yang merupakan masalah utama penelitian ini. Penelitian ini bertujuan unutk memberbaiki desain geladak penumpang kapal Ro-Ro agar dapat terus digunakan dan menekan penyebaran COVID-19 dengan menggunakan Systematic Layout Planning (SLP) for office. Penelitian ini mengidentifkasi cara penyebaran COVID-19, fasilitas yang dibutuhkan untuk ada pada transportasi kapal laut ditinjau dari regulasi pemerintah dan juga cara penyebaran COVID-19, sehingga ada fasilitas yang dialih fungsi dari kantin dan mushollah menjadi ruang medis dan ruang isolasi. Regulasi pemerintah mengatakan bahwa maksimal penumpang yang dapat diangkut adal 50% dari total penumpang sehingga hanya 189 penumpang, hal ini dikarenakan harus ada jaga jarak minimal 1 meter untuk mencegah penyebaran COVID-19, untuk mendukung perusahaan kapal laut supaya tidak mengalami kerugian yang signifikan ditambahkan 1 geladak penumpang atas sehingga total penumpang yang dapat diangkut menjadi 327 penumpang. SLP dilanjutkan dengan menggunakan BLOCPLAN sehingga didapatkan nilai adjecency untuk geladak penumpang bawah didapatkan 0.73 (0.75) dan geladak penumpang atas 0.97 sedangkan untuk nilai R geladak penumpang bawah 0.75 dan geladak penumpang atas 0.87.