Evaluasi Kinerja Operasional dan Pelayanan Kereta Api Commuter Line Rute Bekasi – Jakarta Kota (Penelitian Dilaksanakan dalam Adaptasi Baru Covid-19)
Main Authors: | Pradipta, Muhammad Zaki, Nailah Firdausiyah, ST., MT., M.Sc., Dr. Septiana Hariyani, ST., MT. |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/190040/1/175060607111007%20-%20MUHAMMAD%20ZAKI%20PRADIPTA.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/190040/ |
Daftar Isi:
- Transportasi merupakan sebuah kebutuhan yang merupakan pilah utama dari ekonomi negara. Pertumbuhan suatu negara ditandai dengan adanya pertumbuhan ekonomi, pertumbuhan ekonomi ditandai dengan adanya pergerakan, pergerakkan tersebut yang dapat diakomodir oleh transportasi. Pada negara maju seperti Korea Selatan, Hongkong, atapun Jepang mayoritas masyarakat nya sudah menggunakan transportasi publik daripada transportasi pribadi dan transportasi publik yang dipilih yaitu kereta, sedangkan di Indonesia 77% masih menggunakan transportasi pribadi dan 23% yang hanya menggunakan transportasi umum. Hal ini dikarenakan Supply masih lebih kecil daripada Demand masih menjadi masalah yang menonjok, dimasa pandemic ataupun di masa normal. Maka dari itu perlu diteliti mengenai “Evaluasi Kinerja Operasional dan Pelayanan Kereta Commuter Line rute Bekasi – Jakarta Kota (Penelitian dilakukan Pada Adaptasi Baru Covid-19). Untuk mengevaluasi kinerja Kereta Commuter Line pengambilan data dilakukan melalui survey primer dengan observasi dan kuesioner terbimbing. Selain itu penulis melakukan survei sekunder dengan menggunakan data yang didapatkan dari instansi terkait. Kemudian data tersebut masuk dianalisis menggunakan Analisis Deskriptif, Analisis Importance Performance Analysis, dan Analisis Quality Function Development. Hasil dari analisis yang dilakukan menghasilkan Quality Function Development menghasilkan kinerja operasional prioritas tertinggi yaitu Penambahan Waktu Perjalanan, lalu Pemisahan Jalur Commuter Line dengan KAJJ/KA Bandara. Sedangkan pada kinerja pelayanan prioritas tertinggi yaitu Peningkatan Protokol Kesehatan, lalu Peningkatan Kinerja Operasional, lalu Peningkatan Fasilitas Fungsi CCTV.