Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2020
Main Authors: | Purnamasari, Nofita, Moch Dzulkirom. A. R,, Dr. Drs. |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189893/1/175030218113044%20-%20Nofita%20Purnamasari.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189893/ |
Daftar Isi:
- Perkembangan di dalam dunia bisnis sekarang ini telah banyak menciptakan persaingan industri yang semakin tinggi dan memiliki keunggulan tersendiri. Setiap perusahaan memiliki tujuan yaitu untuk mencapai laba yang maksimal, menjaga kelangsungan hidup perusahaan serta mencapai kesejahteraan masyarakat, masyarakat sebagai tanggung jawab sosial perusahaan. Untuk mencapai laba yang maksimal dapat dilakukan melalui strategi perusahaan, nilai perusahaan, dan meningkatkan kepercayaan pasar terhadap prospek perusahaan dimasa mendatang. Perusahaan yang memiliki nilai perusahaan yang tinggi dapat menarik investor untuk menanamkan modalnya dan menumbuhkan rasa kepercayaan dari pihak-pihak yang terkait dengan perusahaan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Industri Barang Konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2020. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder dan diperoleh sebanyak 10 perusahaan yang diambil menjadi sampel pada penelitian ini dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda yang digunakan untuk mengetahui pengaruh antara variabel bebas dan variabel terikat. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Ukuran Perusahaan, Leverage, dan Profitabilitas secara simultan berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan. Sedangkan, secara parsial Ukuran Perusahaan tidak berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan, Leverage berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan, dan Profitabilitas berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan