Pengaruh Sosialisasi Perpajakan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Pengetahuan Perpajakan Wajib Pajak Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Pada Wajib Pajak Orang Pribadi Yang Terdaftar Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Blitar)

Main Authors: Nugrahaaji, Krisna Aditya Rizky, Kartika Putri Kumalasari, SE.,Ak.
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189890/1/175030400111023%20-%20Krisna%20Aditya.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189890/
Daftar Isi:
  • Pengetahuan perpajakan merupakan informasi dalam bidang perpajakan yang digunakan wajib pajak sebagai dasar dalam menentukan tindakan dan strategi untuk memenuhi kewajiban perpajakannya. Berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh DJP pada tahun 2019, alasan responden tidak rutin menyampaikan SPT Tahunan, karena responden tidak tahu cara melaporkan SPT tahunan sebesar (60,82%). Hal serupa juga dialami oleh peneliti yang menjadi relawan pajak di KPP Malang Utara, masih melihat banyak wajib pajak yang datang ke KPP untuk dibantu dalam melaporkan SPT Tahunannya. Hal ini menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan wajib pajak masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh sosialisasi perpajakan dan kualitas pelayanan terhadap pengetahuan perpajakan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitiaan explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu 50 wajib pajak orang pribadi karyawan yang terdaftar di KPP Pratama Blitar. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu kuisioner. Teknik analisis data menggunakan aplikasi SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sosialisasi perpajakan dan kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap pengetahuan perpajakan wajib pajak orang pribadi