Implementasi Kebijakan Pelayanan Publik Di Bidang Layanan Pengguna Pada Era Pandemi Covid-19 (Studi Di Perpustakaan Umum Dan Arsip Daerah Kota Malang)
Main Authors: | Firmansyah, Gilang Hagi, Dr. Siswidiyanto, MS, Aulia Puspaning Galih, S.IIP, MS |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189878/1/175030701111007%20-%20gilang%20hagi.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189878/ |
Daftar Isi:
- Selama pandemi Covid-19 melanda di Indonesia banyak sekali berbagai fasilitas umum atau publik mengalami kendala dan hambatan dalam pelaksanaan pelayanan publik tidak terkecuali perpustakaan umum. Salah satu contoh perpustakaan umum yang mengalami kendala dalam pelayanannya ialah Perpustakaaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang. Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang mengalami kendala pada bidang layanan dan untuk tetap menjalankan pelayanan publik di bidang layanan pengguna Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang membuat kebijakan pembatasan kunjungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi kebijakan pelayanan publik bidang layanan pengguna pada era pandemi Covid-19 di Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang. Selain itu ingin mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat dari implementasi kebijakan pelayanan publik bidang layanan pengguna pada era pandemi Covid-19 di Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang. Penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian deskriptif dengan pendekataan kualitatif. Teknik pengumuulan data dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian penulis menyatakan jika keberhasilan implementasi kebijakan dilihat dari Outcomes yaitu : 1) dilihat dari proses yang melihat dari awal implementasi kebijakan, desain hasil implementasi kebijakan, pengambilan keputusan, kepatuhan staf, dan sumber daya. Hasil penelitian dapat diketahui jika untuk tetap menjalankan pelayana publik di bidang layanan pengguna Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang membuat kebijkaan pembatsan kunjungan. Kemudian untuk mendukung implementasi kebijakan tersebut Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang juga meluncurkan inovasi seperti Drive Thru, DRAB (Datang Antarkan Buku), dan Aplikasi M-Mobilib. 2) tujuan kebijakan tercapai dengan melihat faktor dampak terhadap masyarakat yaitu pemustaka yang sudah mulai berkunjung meskipun dibatasi. Dan tingkat perubahan yang terjadi menunjukkan Pemustaka dapat mengikuti kebijakan yang dibuat. Serta sudah digunakannya inovasi layanan yang diluncurkan