Pengaruh Application Service Provider Quality (Asp-Qual) Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Jasa Transportasi Ojek Online (Survei Online Pada Mahasiswa Pengguna Layanan Grab Bike Di Kota Medan)

Main Authors: Sembiring, Fitri Annisa Br, Aniesa Samira Bafadhal, S.AB., M.AB
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189829/1/175030201111037%20-%20Fitri%20Annisa.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189829/
Daftar Isi:
  • Grab adalah suatu jasa transportasi berbasis digital yang menjadi salah satu layanan aplikasi online dalam hal melayani konsumen sesuai kebutuhannya. Grab bike merupakan layanan ojek online yang disediakan oleh PT Grab, perusahaan layanan transportasi pemesanan berbasis digital melalui aplikasi yang berasal dari Malaysia. Grab Bike menerapkan operasi yaitu dengan cara calon penumpang memesan ojek melalui layanan aplikasi. Grab Bike menerapkan bagi hasil keuntungan 90% untuk Driver Grab Bike dan 10% untuk Grab. Aplikasi Grab Bike bisa diunduh di pusat aplikasi Play Store, iOS dan Windows. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh Application Service Provider Quality (ASP-QUAL) Terhadap Kepuasan Konsumen, Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Konsumen, dan pengaruh secara simultan antara Application Service Provider Quality (ASP-QUAL) dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan berjumlah 116 orang responden yang merupakan mahasiswa pengguna layanan ojek online Grab Bike di kota Medan. Uji validitas instrumen dalam penelitian ini menggunakan rumus korelasi Product Moment Pearson dan uji reliabilitasnya menggunakan Cronbach Alpha. Sedangkan untuk menguji hipotesis menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) variabel Application Service Provider Quality (ASP-QUAL) tidak berpengaruh signifikan dan positif terhadap Kepuasan Konsumen, 2) variabel Persepsi Harga berpengaruh signifikan dan positif terhadap Kepuasan Konsumen, dan 3) variabel Application Service Provider Quality (ASP-QUAL) dan Persepsi Harga berpengaruh secara simultan terhadap Kepuasan Konsumen.