Analisis Inovasi Ngalam Command Center Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Dalam Mewujudkan E-Government Kota Malang (Studi Pada Dinas Komunikasi Dan Informatika Kota Malang)

Main Authors: Jihan Andrianasari Sunardianto, Dr.Drs. Muhammad Shobaruddin, ,MA, Drs. Romula Adiono, M.AP
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189759/1/175030107111062%20-%20JIHAN%20ANDRIANASARI%20SUNARDIANTO.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189759/
Daftar Isi:
  • Inovasi Pelayanan Publik menurut Pasal 5 Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2017 merupakan inovasi dalam penyediaan pelayanan kepada masyarakat yang meliputi proses pemberian pelayanan barang/jasa publik dan inovasi jenis dan bentuk barang/jasa publik. Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang membentuk sebuah inovasi progam yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat salah satu nya di bidang kedaruratan. Pada tahun 2017 inovasi progam Ngalam Command Center dibentuk di Kota Malang. Ngalam Command Center ini merupakan pusat layanan di lingkungan Kota Malang yang dapat langsung berhubungan dengan masyarakat yang berisi seluruh perangkat daerah Kota Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang berlokasi di Kota Malang, sedangkan untuk situsnya berada di Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, dokumentasi dan wawancara. Untuk instrumen penelitian yang digunakan adalah peneliti sendiri serta alat penunjang seperti pedoman wawancara, handphone, serta alat bantu lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pengembangan inovasi progan Ngalam Command Center oleh Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Malang belum berjalan dengan maksimal diakrenakan masih ditemukannya gap antara teori proses pengembangan inovasi dengan proses pengembangan inovasi progam Ngalam Command Center pada bagian riset dasar. Namun inovasi progam Ngalam Command Center ini masih berjalan dengan baik. Ngalam Command Center telah berjalan secara efektif berdasarkan keempat indikator yaitu ketetapan sasaran progam, sosialisasi progam, keberhasilan tujuan progam, dan pemantauan progam. Dalam pembentukan progam Ngalam Command Center ini terdapat faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukung progam Ngalam Command Center ini berasal dari modal manusia yaitu keuletan dari para anggota pelaksana Ngalam Command Center dan modal kepemimpinan yaitu dari kepala daerah Kota Malang yang membuat progam ini terbentuk. Dan untuk faktor penghambat berasal dari sumber internal yang dimana adalah tenaga kerja di pemerintah Kota Malang dan eksternal yaitu masyarakat