Etika Pelayanan Publik Di Birokrasi Pemerintahan Daerah (Studi Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gresik)
Main Authors: | Citradewi,, Ulrica, Prof. Dr. Sumartono, , MS, Andy Kurniawan, S.AP.,M.AP |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189758/1/175030107111040%20-%20ULRICA%20CITRADEWI.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189758/ |
Daftar Isi:
- Pemerintah daerah memiliki tugas untuk memberi pelayanan publik yang profesional dan dapat memuaskan masyarakat secara luas.Akan tetapi, aparatur negara sebagai pelaksana pelayanan publik masih sering memandang sebelah mata mengenai etika pelayanan publik seperti memberi pelayanan dengan cepat, tanggap, terbuka, menghormati masyarakat dan tidak diskriminatif. Sementara, dalam pelayanan publik etika merupakan salah satu faktor keberhasilan organisasi dan tingkat kepuasan masyarakat sebagai penerima pelayanan.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis penerapan etika pelayanan publik yang dilaksanakan di Disdukcapil Kabupaten Gresik sehingga dapat diketahui adanya faktor pendukung dan faktor penghambat serta upaya Dispendukcapil Kabupaten Gresik dalam menerapkan etika pelayanan publik. Fokus penelitian dalam penelitian ini terdiri dari penerapan etika pelayanan publik berdasarkan dimensi etika pelayanan publik oleh Haryatmoko, faktor pendukung dan penghambat, serta upaya Disdukcapil Kabupaten Gresik dalam menerapkan etika pelayanan publik.Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yang berlokasi di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gresik dengan menggunakan sumber data orang, peristiwa,dan dokumen.Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi.Sedangkan, menentukan informan menggunakan teknik purposive sampling. Keabsaan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan meningkatkan kecermatan dalam penelitian. Teknik analisis data menggunakan Miles, Huberman, and Saldana (2014). Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa penerapan etika pelayanan publik di Dispendukcapil Kabupaten Gresik telah berjalan sesuai dengan dimensi tujuan, dimensi sarana dan dimensi aksi. Sedangkan, faktor pendukung dalam penerapan etika pelayanan publik terdiri dari faktor aturan (ketepatan waktu pelayanan), faktor organisasi (penempatan berdasarkan kemampuan), dan faktor kesadaran (memberikan bimtek dan evaluasi secara berkala). Akan tetapi, terdapat faktor yang menghambat penerapan etika pelayanan publik tersebut yaitu ketidakjelasan informasi dan sarana penunjang sehingga upaya Dispendukcapil Kabupaten Gresik untuk meningkatkan penerapan etika yaitu : menghindari kejahatan moral, mendorong untuk menentang ketidakdilan, dan mengedepankan kesejaterahan masyarakat.