Inovasi Aplikasi Jakarta Kini (Jaki) Dalam Rangka Meningkatkan Pelayanan Dan Informasi Publik Terintegrasi Pemerintah Provinsi Dki Jakarta
Main Authors: | Naomi, Sally Mitra, Muhammad Shobaruddin, Dr. Drs., MA, Nurjati Widodo, S.AP, M.AP |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189751/1/175030101111066%20-%20Sally%20Mitra%20Naomi.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189751/ |
Daftar Isi:
- Sebagai ibukota negara sekaligus pusat pemerintahan negara Republik Indonesia serta termasuk dalam kategori salah satu kota pusat ekonomi bisnis di Indonesia, Provinsi DKI Jakarta memiliki entitas tersendiri bagi publik. Entitas tersebut menyebabkan terjadinya penambahan penduduk di kota ini dari tahun ke tahunnya, baik untuk menetap maupun penglaju/komuter. Pesatnya jumlah penduduk yang bermukim serta tingginya tingkat mobilitas komuter di Ibukota Jakarta, menyebabkan timbulnya berbagai elemen permasalahan perkotaan yang harus segera diselesaikan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Hal tersebut ditandai dengan diciptakannya sebuah terobosan baru yaitu inovasi aplikasi Jakarta Kini (JAKI) sebagai upaya pemenuhan kebutuhan masyarakat akan layanan publik dan informasi resmi yang saling terintegrasi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah penerimaan inovasi pelayanan dan informasi publik terintegrasi melalui aplikasi Jakarta Kini (JAKI) serta faktor pendukung dan penghambat penerimaan inovasi aplikasi Jakarta Kini (JAKI) sebagai bagian dari inovasi pelayanan dan informasi publik terintegrasi di Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi DKI Jakarta. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerimaan inovasi pelayanan dan informasi publik terintegrasi melalui aplikasi JAKI, relatif cepat diadopsi baik oleh pihak internal instansi seta masyarakat kota Jakarta. Hanya saja memang masih memerlukan peningkatan di beberapa aspek yang dilihat dari 5 (lima) indikator karakteristik inovasi 1) Keunggulan Relatif (Relative Advantage), 2) Kesesuaian (Compability), (3) Kerumitan (Complexity), (4) Kemampuan diuji cobakan (Trialability), (5) Kemampuan diamati (Observability). Adapun faktor pendukung dari penerimaan inovasi JAKI adalah dukungan dari sisi internal dan eksternal organisasi, serta terdapat pula faktor penghambat yang berasal dari internal dan eksternal organisasi