Penerapan Prinsip-Prinsip Pelayanan Publik Dalam Pelayanan Perpanjangan Sim Melalui Sistem Drive-Thru Surat Izin Mengemudi Sambil Jalan Lebih Mudah (Sim Salabim) Studi Pada Satpas Polres Malang
Main Authors: | Bunga, Azalea, Dr., Drs, Siswidiyanto,, MS, Dr. Alfi Haris Wanto, S.AP., M.AP., MMG |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189749/1/175030101111065%20-%20Azalea%20Bunga.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189749/ |
Daftar Isi:
- SIM SALABIM (SIM Sambil Jalan Lebih Mudah) merupakan inovasi pelayanan cepat yang diberikan oleh Satlantas Polres Malang kepada masyarakat guna menunjang pelayanan penerbitan SIM Perpanjangan, dimana pelayanan dilaksanakan dengan cara pemohon datang dan melaksanakan proses perpanjangan SIM (mulai pendaftaran sampai dengan selesai pada tempat / area yang ditentukan) tanpa meninggalkan kendaraannya. Tujuan dari penelitian ini adalah 1). Mengetahui penerapan prinsip-prinsip pelayanan public dalam SIM SALABIM, 2). Mengetahui factor pendukung dan factor penghambat pelayanan SIM SALABIM. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah dengan adanya pelayanan SIM SALABIM ini mampu mengatasi permasalahan-permasalahan mengenai proses pelayanan yang dianggap ribet dan cukup memakan waktu lama. Prinsip-prinsip pelayanan public yang dijadikan indicator dalam penelitian ini diantarnya yaitu 1). Kesederhanaan, 2). Kejelasan, 3). Ketepatan Waktu, 4). Akurasi, 5). Keamanan, 6). Tanggung Jawab, 7). Kemudahan Akses, 8). Kelengkapan Sarana dan Prasarana, 9). Keramahan, kedisiplinan, kesopanan, dan 10). Kenyamanan. Faktor pendukung SIM SALABIM ini diantaranya yaitu kepemimpinan, budaya organisasi, dan teknologi. Sedangkan untuk factor penghambatnya yaitu mengenai komunikasi, lingkungan politik, dan fasilitas yang kurang memadai. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah pelaksanaan pelayanan SIM SALABIM di Satpas Polres Malang berjalan cukup optimal karena dilihat dari beberapa indicator dalam prinsip-prinsip pelayanan public beberapa sudah di rasa sesuai dan perlu adanya peningkatan di beberapa indicator.