Transformasi Pelayanan Publik Melalui E-Government Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gresik
Main Authors: | Nabila, Novia Hidayati, Dr. Hermawan,, S.IP, M.Si.Co, Dr.rer.pol.Romy Hermawan, S.Sos.,M.AP |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189734/1/175030101111042%20-%20Novia%20Hidayati%20Nabila.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189734/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses transformasi pelayanan publik yang dianalisis berdasarkan tahapan pelaksanaan e-government menurut gartner group model, faktor pendukung dan penghambat serta dampak kebijakan transformasi pelayanan publik berdasarkan dimensi kebijakan menurut T.R.Dye pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode analisis menurut John W Creswell. Hasil penelitian yang diperoleh adalah dalam proses transformasi pelayanan publik melalui e-government di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gresik ini melalui beberapa tahapan yang setiap tahapan tersebut terdapat pengembangan yang lebih matang dari tahapan sebelumnya, dukungan pimpinan dari segi moral dan meterial serta pemilihan platform yang tepat menjadi faktor pendukung kesuksesan namun nepotisme yang tinggi, jaringan internet yang lemah dan penyampaian informasi yang kurang jelas menyebabkan proses transformasi tersebut tidak optimal. Kebijakan ini juga memiliki dampak terhadap keadaan dimasa sekarang yakni sebagai solusi dalam pelayanan publik dimasa pandemi COVID-19 sedangkan dimasa depan kebijakan ini dapat memberi kemudahan bagi masyarakat dalam mendapatkan pelayanan administrasi kependudukan tanpa mengganggu kegiatan sehari-hari selain itu dari segi biaya yang dikeluarkan masyarakat menjadi lebih efisien. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kebijakan transformasi pelayanan publik melalui e-government di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gresik menjadi solusi dalam pelayanan administrasi kependudukan dimasa pandemi namun adanya beberapa faktor penghambat menyebabkan pelaksanaan transformasi pelayanan publik menjadi kurang optimal. Oleh sebab itu, perlu adanya kajian lebih lanjut tentang optimalisasi kebijakan transformasi pelayanan publik melalui e-government