Efektivitas Pengelolaan Aparatur Sipil Negara Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Pada Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Kabupaten Malang)

Main Authors: Maslukah, Luluk, )Dr. Endah Setyowati, S.Sos., MSi, Rispa Ngindana, S.AP., M.AP
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189733/1/175030101111030%20-%20Luluk%20Maslukah.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189733/
Daftar Isi:
  • Dalam menunjang tercapainya keberhasilan tujuan organisasi, diperlukan pengelolaan Aparatur Sipil Negara yang baik dan efektif. Adanya permasalahan penurunan kedisiplinan serta kinerja Aparatur Sipil Negara di masa Pandemi Covid-19 Tahun 2020, sehingga memengaruhi tercapainya efektivitas pada organisasi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi kepada instansi pemerintahan berkaitan dengan efektivitas pengelolaan Aparatur Sipil Negara terlebih di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan metode kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan Aparatur Sipil Negara, yaitu : (1) pencapaian tujuan, indikator dasar hukum telah sesuai dan jelas. Sub indikator kurun waktu dan sasaran pada kegiatan sosialisasi kedisiplinan belum efektif, meskipun pada kegiatan penilaian kinerja sudah sesuai dan sesuai dengan dasar hukum yang mengaturnya. (2) Integrasi pada kegiatan sosialiasi kedisiplinan tidak berjalan baik dan tidak efektif, namun pada kegiatan penilaian kedisiplinan sudah berjalan efektif dengan adanya koordinasi dengan BKPSDM Kabupaten Malang. (3) Kemampuan adaptasi belum berjalan baik dan tidak efektif secara keseluruhan. Adapun faktor pendukung internal yaitu suasana yang harmonis di lingkup kantor dan fasilitas penunjang kerja ASN. Faktor pendukung eksternal yaitu terjalinnya komunikasi yang baik dengan BKPSDM Kabupaten Malang. Sedangkan untuk faktor penghambat internal yaitu masih terdapat ASN yang kurang taat aturan dan lemahnya tertib administrasi. Faktor penghambat secara eksternal yaitu seringnya terjadi web eror. Saran yang dapat diberikan yaitu (1) diharapkan untuk seluruh ASN pada tiap-tiap bidang lebih disiplin dan taat aturan, (2) perlunya tertib administrasi yang baik, dan (3) perlunya pemeliharaan web secara regular