Analisis...Kinerja Pengembangan..Terminal..Madyopuro Sebagai Rest Area
Main Authors: | Sari, Yashinta Petrina, Hasti A.A., Fredda Setya, Prof. Ir. Ludfi Djakfar,, MSCE., Ph.D., Rahayu Kusumaningrum, ST., MT., M.Sc. |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189728/1/175060107111040%20-%20FREDDA%20SETYA%20HASTI%20AVIVI%20A.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189728/ |
Daftar Isi:
- xvi RINGKASAN YASHINTA PETRINA SARI dan FREDDA SETYA HASTI A. A., Jurusan.Teknik Sipil,.Fakultas.Teknik..Universitas..Brawijaya,..November 2021, Analisis...Kinerja Pengembangan..Terminal..Madyopuro Sebagai Rest Area, Dosen Pembimbing: Prof. Ir. Ludfi Djakfar, MSCE., Ph.D dan Rahayu Kusumaningrum, ST., MT., M.Sc. Potensi wisata yang ada di sekitar Kota Malang menyebabkan banyaknya wisatawan yang datang baik dengan kendaraan pribadi maupun dengan bus, terutama wisatawan yang datang melewati pintu tol Madyopuro. Sehingga Terminal Madyopuro berpotensi menjadi terminal wisata Rest Area. ..Tujuan..dari..dilakukannya..penelitian.ini adalah melakukan analisis kinerja Terminal Madyopuro untuk dijadikan Rest Area di daerah tersebut dan mengidentifikasi fasilitas yang diperlukan dalam pengembangan Terminal Madyopuro menjadi Rest Area. Data yang dibutuhkan dalam penelitian ini didapatkan dari wawancara untuk mengetahui kondisi dan kinerja fasilitas Terminal hingga saat ini. Metode yang digunakan untuk mengolah data adalah Metode..IPA..(Importance..–..Performance Analysis). Metode ini..mengukur..hubungan..antara..persepsi..pengguna Terminal dan tingkat penerapan terhadap fasilitas yang ada pada Terminal Madyopuro. Responden yang digunakan berjumlah 100 orang dengan yang merupakan masyarakat Kota Malang yang berumur 17 tahun ke atas dan pernah menggunakan terminal minimal 1 (satu kali). Pada penelitian ini mengacu pada..Peraturan..Menteri..Perhubungan..Republik.Indonesia Nomor.PM.40.Tahun.2015.Tentang.Standar.Pelayanan.Terminal.Penumpang..Penelitian ini didefinisikan 2 variabel, yaitu variabel Kepentingan dan variabel Kinerja Penerapan (Aspek Keselamatan, Keamanan, Keteraturan, Kenyamanan, Kemudahan, Kesetaraan). Hasil evaluasi didapatkan kondisi eksisting Terminal Madyopuro dimana beberapa fasilitas masih kurang dalam pelayanan di masyarakat seperti aspek keselamatan, keamanan, dan kenyamanan. Dari hasil analisis dengan metode IPA didapatkan hasil dimana ada beberapa fasilitas yang perlu ditingkatkan serta dipertahankan antara lain lajur pejalan kaki, fasilitas keselamatan jalan, informasi fasilitas keselamatan, ketersediaan fasilitas keamanan, kantor manajemen system informasi, rumah makan, fasilitas dan petugas kebersihan, letak jalur keberangakatan dan letak jalur kedatangan, alat pemadam kebakaran, petugas keamanan, jadwal kedatangan dan keberangkatan serta tarif secara tertulis, ruang tunggu, toilet, tempat ibadah, dan ruang ibu menyusui. Sedangkan fasilitas yang perlu dipertimbangkan kembali adalah jalur evakuasi, informasi fasilitas kesehatan, media pengaduan gangguan keamanan, petugas operasional terminal, taman, area merokok, drainase,.pos.dan.petugas.kesehatan,.pos.dan petugas.pemeriksa.kendaraan.umum,.fasilitas...perbaikan...kendaraan...umum, jadwal kendaraan umum dalam / luar trayek secara tertulis, lampu penerangan ruangan, tempat istirahat awak kendaraan, dan informasi pelayanan, informasi angkutan jalan.