Inovasi Pelayanan Aplikasi Mobile Jkn Dalam Rangka Meminimalisasi Tingkat Antrean Layanan (Studi Di Kantor Bpjs Kesehatan Cabang Bukittinggi)
Main Authors: | Mardika, Hari, Wike, S.Sos., M.Si, DPA, Nurjati Widodo, , S.AP, M.AP |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189724/1/175030100111068%20-%20hari%20mardika.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189724/ |
Daftar Isi:
- Program aplikasi Mobile JKN merupakan suatu program yang diciptakan oleh BPJS Kesehatan Pusat untuk mengatasi masalah antrean yang panjang pada kantor cabang BPJS Kesehatan. BPJS Kesehatan Bukittinggi telah melaksanakan Program ini untuk proses layanan administrasi kepesertaan dan memberikan edukasi kepada masyarakat yang ingin mendapatkan layanan melalui aplikasi Mobile JKN. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian ini terbagi menjadi dua, antara lain: 1) Penerimaan inovasi pelayanan Aplikasi Mobile JKN dalam rangka meminimalisasi tingkat antrean layanan di BPJS Kesehatan Bukittinggi; dan 2) faktor pendukung dan faktor penghambat pada inovasi pelayanan aplikasi Mobile JKN dalam rangka meminimalisasi tingkat antrean layanan di BPJS Kesehatan Bukittinggi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data menggunakan analisis data deskriptif dengan melalui proses data collection, data condensation, data display, dan conclusion. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerimaan inovasi pelayanan Aplikasi Mobile JKN dalam rangka meminimalisasi tingkat antrean layanan di BPJS Kesehatan Bukitinggi relatif cepat diadopsi baik oleh pihak internal instansi serta peserta JKN-KIS BPJS Kesehatan Bukittinggi dan aplikasi Mobile JKN dinilai mampu mengatasi antrean yang panjang di kantor BPJS Kesehatan Bukittinggi. Hanya saja memang masih memerlukan peningkatan di beberapa aspek yang dilihat dari 5 (lima) indikator karakteristik inovasi 1) Keunggulan Relatif (Relative Advantage), (2) Kesesuaian (Compatibility), (3) Kerumitan (Complexity), (4) Kemampuan diuji cobakan (Triability), (5) Kemampuan diamati (Observability). Adapun faktor pendukung dari penerimaan inovasi aplikasi Mobile JKN adalah dukungan dari sisi internal dan eksternal organisasi, serta terdapat pula faktor penghambat yang berasal dari internal dan eksternal organisasi