Analisis Perilaku Pustakawan Dalam Melayani Pemustaka Di Perpustakaan Umum Kota Probolinggo

Main Authors: Ramadiani, Ayu Widiastuti, Dr. Lely Indah Mindarti, M.S.i, Aulia Puspaning Galih,, S.IIP., MS
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189713/1/165030707111005%20-%20AYU%20WIDIASTUTI%20RAMADIANI.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189713/
Daftar Isi:
  • Kegiatan perpustakaan merupakan kegiatan layanan atau jasa yang dapat dikelompokan menjadi dua kelompok yaitu layanan teknis dan layanan pemustaka. Layanan perpustakaan harus terdapat beberapa unsur utama yaitu fasilitas layanan perpustakaan, bahan pustaka yang dapat disediakan, pemustaka yang membutuhkan dan petugas layanan. Tujuan dari penelitian ini adalah Mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis: (1) perilaku pustakawan dalam melayani pemustaka di Perpustakaan Umum Kota Probolinggo, (2) faktor pendukung dan faktor penghambat bagi perilaku pustakawan dalam melayani pemustaka di Perpustakaan Umum Kota Probolinggo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif karena peneliti bertujuan mengetahui, memahami, mengolah, menganalisis dan mendeskripsikan berdasarkan fakta yang terdapat di lapangan mengenai bagaimana perilaku pustakawan dalam melayani pemustaka. Sumber data penelitian ini berusaha mendapatkan atas keberadaan dan fungsi Perpustakaan Umum Kota Probolinggo sebagai ruang publik melalui partisipasi dari narasumber. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) perilaku pustakawan Perpustakaan Umum Kota Probolinggo bahwa pustakawan atau staff perpustakaan sudah melakukan sesuai dengan 8 karakteristik yang diperlukan sebagai pustakawan dalam suatu perilaku asertif, (2) Faktor penghambat Perilaku Pustakawan dalam melayani pemustaka pada Perpustakaan Umum Kota Probolinggo yaitu kurangnya ramah pada pemustaka pustakawan kadang tidak ada dilayanan jika kalau meminjam buku harus nyari atau tunggu pustakawan terlebih dahulu yang menyebabkan situasi atau kondisi yang ada di perpustakaan umum kota probolinggo selalu berubah – berubah dalam melayani pemustaka, sedangkan Perilaku Pustakawan dalam melayani pemustaka pada Perpustakaan Umum Kota Probolinggo yaitu fasilitas yang ada di Perpustakaan Umum Kota Probolinggo sudah tercukupi dan komitmen dari pimpinan atau instansi vertikal dan Anggaran sarana Prasana tetap menjalankan serta juga mensukseskan agar berhasil dan sesuai dengan tujuan yang telah diperlukan.