Kualitas Pelayanan Kesehatan Dan Kepuasan Pasien Peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (Bpjs) Kesehatan Di Puskesmas Mojolangu, Kota Malang

Main Authors: Pramadia, Febrian, Drs. Andy Fefta Wijaya,, MDA, Ph.D, I Gede Eko Putra Sri Sentanu, S.AP., M.AP., Ph.D
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189704/1/175030100111032%20-%20FEBRIAN%20PRAMADIA.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189704/
Daftar Isi:
  • Kualitas pelayanan kesehatan merupakan salah satu hal yang penting dan selalu diperhatikan oleh masyarakat, berbagai lembaga independen, maupun pemerintah sendiri. Memberikan pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat merupakan salah satu syarat pokok pelayanan kesehatan. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui bagaimanakah pengaruh Variabel kualitas pelayanan yang terdiri dari variabel tangible, reliability, responsiveness, assurance, empathy terhadap kepuasan pasien peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di Puskesmas Mojolangu Kota Malang. Jenis penelitian ini adalah explanatory research dengan menggunakan metode survei. Sampel dari penelitian adalah masyarakat yang sudah pernah menggunakan layanan BPJS Kesehatan di Puskesmas Mojolangu, Kota Malang yang berjumlah 97 orang dengan teknik purposive sampling, dan teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel tangible mendapatkan nilai sebesar 2.170, variabel responsiveness mendapatkan nilai sebesar 2.566 yang dapat diartikan variabel responsiveness berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pasien, variabel assurance mendapatkan nilai sebesar 2.250 yang dapat diartikan variabel assurance berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pasien, dan variabel empathy mendapatkan nilai sebesar 2.368 yang dapat diartikan variabel empathy secara signifikan terhadap kepuasan pasien BPJS Kesehatan di Puskesmas Mojolangu, sedangkan variabel reliability dengan nilai sebesar 0,393 berpengaruh tetapi memiliki nilai yang rendah terhadap kepuasan pasien BPJS Kesehatan di Puskesmas Mojolangu