Peran Nilai Destinasi, Kepuasan Wisatawan Dan Tourist Engagement Sebagai Mediasi Pengaruh Citra Destinasi Terhadap Loyalitas Wisatawan ( Studi Pada Destinasi Wisata Pantai Di Maluku )
Main Author: | Huwae, Victor Ernest |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189695/1/VICTOR%20ERNEST%20HUWAE.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189695/ |
Daftar Isi:
- Mengintegrasikan nilai destinasi, kepuasan wisatawan dan tourist engagement dengan konstruk pemasaran lainnya seperti, citra destinasi dan loyalitas wisatawan dalam ranah penelitian tourism, sehingga menjadi satu kerangka pemodelan penelitian yang komprehensif untuk menjawab research gap menjadi hal yang sangat penting dalam penelitian ini. Pengaruh antar konstruk terhadap loyalitas wisatawan juga diidentifikasi dalam analisis, melalui hubungan langsung maupun hubungan tidak langsung dengan pengujian mediasi. Penelitian ini secara empiris bertujuan untuk menguji dan menganalisis faktor penentu loyalitas wisatawan yang melakukan kunjungan ke destinasi wisata pantai yang berada di Provinsi Maluku. Keterkaitan antara citra destinasi, nilai destinasi, kepuasan wisatawan, tourist engagement terhadap loyalitas wisatawan, baik pengaruh secara langsung maupun pengaruh secara tidak langsung, dibahas dalam penelitian ini. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Persepsi terhadap 216 wisatawan nusantara yang berkunjung ke destinasi wisata pantai yang berada di Provinsi Maluku akan digunakan untuk menguji dan menganalisis keterkaitan antara konstruk yang diteliti. Kumpulan data dianalisis dengan menggunakan Confirmatory Factor Analysis (CFA) dan Structural Equation Modelling (SEM). Hasil penelitian secara empiris menunjukan bahwa citra destinasi tidak berpengaruh secara langsung terhadap tourist engagement dan loyalitas wisatawan, namun citra destinasi berpengaruh secara tidak langsung terhadap loyalitas wisatawan melalui nilai destinasi dan kepuasan wisatawan. Nilai destinasi berpengaruh secara langsung terhadap kepuasan wisatawan, tourist engagement dan loyalitas wisatawan. Kepuasan wisatawan berpengaruh secara langsung terhadap tourist engagement dan loyalitas wisatawan. Tourist engagement juga berpengaruh secara langsung terhadap loyalitas wisatawan, namun tidak berperan sebagai mediasi pengaruh citra destinasi terhadap loyalitas wisatawan.