Pengaruh Destination Image Terhadap Revisit Intention Melalui Satisfaction Dan Place Attachment (Survey Pada Pengunjung Taman Rekreasi Selecta)

Main Authors: Satriawan, Aditya, Yusri Abdillah, S.Sos, M.Si., Ph.D, S.Sos, M.Si., Ph.D, Edriana Pangestuti, SE, M.Si., DBA, SE, M.Si., DBA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189692/1/166030200011006%20-%20Aditya%20Satriawan.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189692/
Daftar Isi:
  • Pariwisata merupakan salah satu sektor yang paling berkontribusi terhadap pemasukan Negara Indonesia. Namun di tahun 2019 terdapat sebuah virus mematikan yang menyebar ke seluruh dunia, yang bernama virus corona atau yang lebih populer dengan sebutan Covid-19. Pada tahun 2020 Covid-19 menyebar hingga Indonesia dan berdampak pada semua sektor, termasuk pariwisata yang menyebabkan penurunan jumlah kunjungan hingga 30%. Salah satu kota yang terdampak adanya pandemi Covid-19 adalah Kota Batu, yang menyebabkan turunnya jumlah kunjungan hungga 69%. Oleh karena itu perlu diadakan kajian terkait faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi niat berkunjung kembali guna berkontribusi dalam meningkatkan kembali jumlah kunjungan yang sempat menurun. Menurut beberapa sumber literatur, faktor- faktor yang berpengaruh terhadap niat berkunjung kembali diantaranya destination image, satisfaction dan place attachment. Tempat yang menarik untuk melakukan kajian faktor-faktor tersebut adalah Taman Rekreasi Selecta. Taman Rekreasi Selecta merupakan destinasi wisata yang berada di Kota Batu. Pada tahun 2019 tercatat kunjungan ke Taman Rekreasi Selecta mencapai 1.393.680, terbanyak di Kota Batu. Seperti halnya destinasi wisata lain, Taman Rekreasi Selecta juga mengalami penurunan jumlah kunjungan sebesar 82%, yang membuat Taman Rekreasi Selecta tempat yang sesuai untuk melakukan kajian tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh destination image, satisfaction dan place attachment terhadap revisit intention. Jenis penelitian ini merupakan explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini merupakan pengunjung domestik Taman Rekreasi Selecta berusia minimal 17 tahun yang setidaknya pernah berkunjung ke Taman Rekreasi Selecta minimal sekali. Ukuran sampel sebesar 116 responden. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan survey dengan menggunakan kuesioner. Metode analisis data dengan analisis deskriptif dan analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Destination Image memiliki pengaruh secara positif signifikan terhadap Satisfaction; Destination Image memiliki pengaruh secara positif signifikan terhadap Place Attachment; Satisfaction memiliki pengaruh secara positif signifikan terhadap Place Attachment; Satisfaction memiliki pengaruh secara positif signifikan terhadap Revisit Intention; Place Attachment memiliki pengaruh secara positif signifikan terhadap Revisit Intention. Penelitian selanjutnya diharapkan mampu menggali kembali faktor apa saja yang dapat menjadi prediktor dari Revisit Intention selain variabel-variabel yang digunakan pada penelitian ini dan melakukannya di masa yang akan datang dimana pandemi Covid-19 sudah berakhir, karena hasilnya mungkin berbeda. Kemudian diharapkan bagi penelitian selanjutnya untuk membuat sistem yang baik guna memfilter calon responden agar benar-benar sesuai dengan kriteria yang sudah ditentukan sebelumnya, walapun penyebaran kuesioner kepada calon responden tidak dilakukan secara langsung atau tatap muka. Saran bagi Taman Rekreasi Selecta sebaiknya meningkatkan keramahan serta kesigapan dalam membantu dan melayani wisatawan yang berkunjung, serta lebih sering membuat acara-acara yang diselenggarakan untuk umum guna meningkatkan ikatan antara pengunjung dengan Taman Rekreasi Selecta, khususnya ikatan secara fungsion