Analisis Meta Swot Pada Pt. Velesia
Main Authors: | Sinuling, Muhammad Rambang, Dr. Christin Susilowati,, SE., M.Si.,CSRS |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189654/1/MUHAMMAD%20RAMBANG%20SINULING.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189654/ |
Daftar Isi:
- Perkembangan industri kriya dan fesyen yang semakin pesat membuat persaingan bisnis dalam Industri menjadi semakin kompetitif. Hal tersebut membuat pelaku bisnis harus mengembangkan strategi agar dapat bertahan dan memenangkan persaingan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengembangan strategi bersaing yang tepat dilakukan perusahaan. Data diperoleh dari observasi, wawancara mendalam, kuesioner, dokumentasi, dan studi literatur. Penelitian ini menggunakan empat informan yaitu kepala cabang PT. Velesia, kepala general affair/ HRD PT. Velesia, staf helper marketing PT. Velesia dan direktur dari pesaing utama (CV. Bhumi Cipta Mandiri). Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis Meta-SWOT yang menganalisis faktor internal dengan analisis resources-based view dan faktor eksternal dengan analisis PESTEL. Berdasarkan hasil analisis Meta-SWOT, posisi kuadran PT. Velesia berada pada kuadran I matriks grand strategy yang mengindikasikan strategi bersaing yang tepat dilakukan PT. Velesia adalah penetrasi pasar, pengembangan pasar, dan pengembangan produk. Strategi penetrasi yang dapat dilakukan PT. Velesia adalah meningkatkan promosi, mempertahankan harga, menambah tenaga kerja dan melakukan kerja sama dengan perusahaan lain. Strategi pengembangan pasar yang dapat dilakukan perusahaan adalah memperluas segmen pasar yang ditargetkan perusahaan. Strategi pengembangan produk yang dapat dilakukan PT. Velesia adalah melakukan Riset pasar tentang jenis produk tas yang sedang menjadi trend, membuat lini produk baru, meningkatkan kualitas produk, memperkuat nilai produk dan bekerja sama dengan designer.