Pengaruh Pengetahuan Perpajakan Dan Kualitas Layanan Terhadap Kesadaran Wajib Pajak Dan Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Pada Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Yang Terdaftar Di Kantor Bersama Samsat Tuban)
Main Authors: | Nurdiyan, Mina Vera, Arik Prasetya,, S.Sos, M.Si.,Ph.D |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189649/1/-MINA%20VERA%20NURDIYAN.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189649/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini memiliki latar belakang yaitu konsumsi kendaraan bermotor setiap tahunnya mengalami peningkatan, tetapi tidak diiringi dengan tingkat kepatuhan wajib pajak, sehingga tingkat kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor di KB. SAMSAT Tuban masih rendah. Penelitian ini dilakukan di KB. SAMSAT Tuban dengan alasan tedapat masalah dimana jumlah wajib pajak kendaraan bermotor dengan jumlah wajib pajak kendaraan yang melakukan kewajiban tidak sesuai, dalam arti tingkat kepatuhan wajib pajak kendaraan masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh pengetahuan perpajakan dan kualitas layanan terhadap kesadaran wajib pajak dan kepatuhan wajib pajak. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah wajib pajak kendaraan bermotor yang terdaftar di KB. SAMSAT Tuban sebanyak 393.761 wajib pajak kendaraan bermotor. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik sampling insidental, jumlah sampel yang digunkan sebanyak 100 wajib pajak kendaraan bermotor. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel pengetahuan perpajakan (X1) tidak berpengaruh signifikan terhadap kesadaran wajib pajak (Z), variabel kualitas layanan (X2) berpengaruh signifikan terhadap kesadaran wajib pajak (Z), variabel pengetahuan perpajakan (X1) berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak (Y), variabel kualitas layanan (X2) tidak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak (Y), variabel kesadaran wajib pajak (Z) berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak (Y), variabel pengetahuan perpajakan (X1) melalui kesadaran wajib pajak (Z) tidak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak (Y), variabel kualitas layanan (X2) melalui kesadaran wajib pajak (Z) berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak (Y).