Pengaruh Faktor Kontekstual Terhadap Niat Berwirausaha Dengan Variabel Sikap Sebagai Mediator (Studi Pada Mahasiswa Aktif Program Studi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang Angkatan 2015-2017

Main Authors: Ilma, Malikatul, Prof. Dr. Kusdi DEA dan Yudha Prakasa, S.AB., M.AB
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189624/1/155030207111007%20-%20Malikatul%20Ilma.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189624/
Daftar Isi:
  • Universitas Brawijaya merupakan Universitas yang gencar dalam menciptakan motivasi dalam jiwa mahasiswanya untuk berwirausaha. Pembangunan jangka panjang Universitas Brawijaya sampai pada tahun 2030 masih bertumpu pada visinya menjadi “World Class Entrepreneurial University” serta meman-tapkan posisi Universitas Brawijaya sebagai perguruan tinggi yang terbesar dan terbaik di Indonesia saat ini. Tujuan Sejalan dengan cita-cita Universitas Brawijaya menjadi World Class Entrepreneurial University (WCEU). Adanya unit kegiatan mahasiswa berupa mahasiswa wirausaha, banyaknya event- event yang berhubungan dengan wirausaha di kalangan mahasiswa seperti pasar brawijaya dan entrepreneur fest Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor kontekstual terhadap sikap, mengetahui pengaruh sikap terhadap niat berwirausaha, mengetahui pengaruh faktor kontekstual terhadap niat berwirausaha dengan variabel sikap sebagai mediator. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian explanatory research dengan metode kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik sampel proportiane stratified random sampling yang mana penentuan responden ditentukan secara acak dan merata yang mana digunakan sejumlah 94 mahasiswa dari mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis tahun angkatan 2015-2017. Teknik analisis data yang digunakan adalah path menggunakan alat bantu yaitu SPSS 25. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa faktor kontekstual berpengaruh signifikan terhadap sikap, sikap berpengaruh signifikan terhadap niat berwirausaha, faktor kontekstual berpengaruh secara tidak langsung terhadap niat berwirausaha melalui motivas sebagai mediator