Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar Dan Kapasitas Penyerapan Terhadap Kinerja Bisnis Dimoderasi Lingkungan Eksternal Bisnis (Studi Pada Ikm Sektor Kerajinan Di Jawa Timur)
Main Author: | Kurniawan, Indra |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189622/1/Disertasi%20Full%20Text%20Indra%20K.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189622/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh orientasi kewirausahaan, orientasi pasar, dan kapasitas penyerapan terhadap kinerja bisnis. Dalam penelitian ini kedudukan orientasi pasar dan kapasitas penyerapan sebagai variabel mediasi dan lingkungan eksternal bisnis sebagai variabel moderasi. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah IKM sektor kerajinan Jawa Timur, dengan unit analisis adalah pemilik atau pengelola IKM. Pengumpulan data menggunakan kuesioner baik secara online maupun offline, dengan jumlah responden sebanyak 247 orang. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan structural equation model partial least square (SEM PLS). Hasil yang diperoleh adalah orientasi kewirausahaan berpengaruh tidak signifikan terhadap kinerja bisnis, sedangkan orientasi kewirausahaan terhadap orientasi pasar berpengaruh signifikan. Sementara itu pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap kapasitas penyerapan berpengaruh signifikan. Orientasi pasar terhadap kinerja bisnis berpengaruh signifikan, dan kapasitas penyerapan berpengaruh tidak signifikan terhadap kinerja bisnis. Lingkungan eksternal bisnis berpengaruh signifikan terhadap kinerja bisnis. Temuan penelitian ini adalah orientasi kewirausahaan berpengaruh signifikan terhadap kapasitas penyerapan tetapi kapasitas penyerapan berpengaruh tidak signifikan terhadap kinerja bisnis sehingga tidak menjadi mediasi dari hubungan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja bisnis. Lingkungan eksternal bisnis tidak memoderasi hubungan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja bisnis.