Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Penggunaan Aplikasi Investasi

Main Authors: Kamil, Irham, Nurlita Novianti,, MSA., Ak., CA.
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189582/1/145020307111047%20-%20Irham%20Kamil.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189582/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan memprediksi faktor-faktor yang dapat mempengaruhi minat pengguna menggunakan aplikasi investasi. Faktorfaktor tersebut didefinisikan dengan Teori Difusi Inovasi yakni voluntariness of use, ease of use, relative advantage, visibility, compatibility, trialability, image, dan result demonstrability. Penelitian dilakukan pada 41 orang responden dengan metode analisis data Partial Least Square menggunakan aplikasi SmartPLS 2.0 M3. Hasil yang diperoleh adalah faktor voluntariness of use menurunkan minat menggunakan aplikasi investasi. Sebaliknya, relative advantage, compatibility, dan trialability meningkatkan minat menggunakan aplikasi. Faktor ease of use, visibility, image, dan result demonstrability tidak mempengaruhi minat menggunakan aplikasi. Implikasi dalam penelitian ini adalah pihak pengembang aplikasi investasi dapat memperhatikan faktor voluntariness of use, relative advantage, compatibility, dan result demonstrability sehingga aplikasi yang dikembangkan dapat lebih menarik minat investor untuk menggunakan aplikasi tersebut.