Kualitas Portal Website Sebagai Sarana Penyediaan Informasi Dan Pelayanan Publik (Studi Pada Dinas Komunikasi Dan Informatika Pemerintah Kabupaten Sidoarjo)

Main Authors: Komariya, Siti Nurul, Suryadi,, DR., MS, Nurjati Widodo,, S.AP.
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189409/1/-%20Siti%20Nurul%20Komariya.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189409/
Daftar Isi:
  • Pada saat ini merupakan zaman kemajuan teknologi informasi. Hal tersebut berdampak pula pada kemajuan dan inovasi mengenai pelayanan publik. Kabupaten Sidoarjo memiliki portal website yang digunakan sebagai media utama untuk mencerminkan Kabupaten Sidoarjo. Portal.sidoarjokab.go.id merupakan portal website utama yang dimiliki oleh Pemerintah Kabupaten Sidoarjo. Portal tersebut dikelola oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sidoarjo. Yang di mana portal tersebut dijadikan sebagai media utama sebagai penyediaan informasi dan berbagai pelayanan publik dengan memberikan fasilitas berupa berbagai kumpulan dari inovasi pelayanan publik dan informasi yang ada di Kabupaten Sidoarjo. Tujuan dari penelitian ini yakni bermaksud untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis mengenai 1) kualitas portal website Kabupaten Sidoarjo dalam penyediaan informasi dan pelayanan publik, 2) upaya yang dilakukan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sidoarjo dalam meningkatkan kualitas portal website sebagai sarana penyediaan informasi dan pelayanan publik, dan 3) faktor pendukung dan faktor penghambat dalam meningkatkan kualitas portal website sebagai sarana penyediaan informasi dan pelayanan publik. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Analisis yang digunakan yakni menggunakan metode analisis data dari Miles, Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas dari portal website Kabupaten Sidoarjo masih berada pada level “cukup” sebagai sarana penyediaan informasi dan pelayanan publik. Karena dibuktikan dengan observasi dan pengamatan yang dilakukan secara langsung, kemudian di dapatkan data bahwa adanya dokumen pemerintahan yang masih belum sepenuhnya lengkap, beberapa standar mengenai kualitas portal website yang masih belum terpenuhi, dan tidak sedikit masyarakat belum mengetahui bahkan belum mengenal portal.sidoarjokab.go.id. Sehingga pada penelitian ini terlihat bahwasannya portal.sidoarjokab.go.id masih belum dimanfaatkan secara maksimal, baik dari pengelola maupun masyarakat selaku pengguna. Dengan adanya kekurangan tersebut, peneliti memberikan saran diantaranya yakni: Menambah Jumlah Personil atau Sumber Daya Manusia, Menentukan Skala Prioritas Program yang Akan Dijalankan dan Di Upgrade, Meningkatkan Koordinasi dan Penertiban Melalui Aturan Dengan Organissi Perangkat Daerah Terkait, dan Melakukan Pembaruan atau Peng- update-an Data dan Informasi Pada Portal dengan penambahan fitur polling mengenai kepuasan dalam penggunaan portal website.