Pengaruh Atribut Produk Dan Lingkungan Sosial Mikro Terhadap Minat Membeli Kembali Pada Kedai Kopi “Kopi Bossku” Di Kota Kediri
Main Authors: | Eureka, Ikrana Rivera, Wisynu Ari Gutama,, SP., MMA., Dr. Dwi Retno Andriani, ., SP., MP |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189396/1/175040118113046%20-%20Ikrana%20Rivera%20Eureka.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189396/ |
Daftar Isi:
- Kesesuaian antara performa produk/ jasa yang ditawarkan akan memberikan kepuasan bagi konsumen dan menghasilkan minat untuk menggunakannya kembali di waktu yang akan datang (Diana, 2006). Kegiatan minat membeli kembali yang dilakukan oleh konsumen merupakan bentuk yang dibuktikan oleh konsumen bahwa konsumen sebagai buyer dan user loyal dan puas terhadap produk atau jasa tersebut. Kegiatan minat membeli kembali dipengaruhi oleh atribut produk yang melekat pada kedai kopi “Kopi BOSSku” dan juga dipengaruhi oleh lingkungan sosial mikro. Lingkungan tersebut merupakan lingkungan yang jaraknya paling dekat dengan kehidupan setiap individu. Keluarga dan kelompok referensi termasuk kedalam lingkungan sosial mikro. (Alma, 2000) berpendapat bahwa keluarga adalah lingkungan terdekat dengan individu dan sangat mempengaruhi nilai-nilai serta perilaku seseorang dalam mengkonsumsi barang tertentu. Sedangkan kelompok referensi adalah sejumlah orang/kelompok yang bertindak sebagai pembanding terhadap individu dalam setiap bentuk nilai, sikap/penuntun ke arah perilaku (Amirullah, 2002). Penelitian ini memiliki sebanyak 3 kriteria yang harus dipenuhi oleh responden yaitu adalah (1) mahasiswa/i yang menempuh pendidikan di universitas negeri maupun swasta di Kota Kediri, (2) berusia 18 hingga 24 tahun dan (3) responden setidaknya pernah melakukan pembelian produk di kedai kopi “Kopi BOSSku” minimal satu kali pembelian secara (dine in atau take away). Analisis yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif dan analisis menggunakan alat analisis SEM (Structural Equation Model) dengan menggunakan software WarpPLS 7.0. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis pengaruh atribut produk terhadap minat membeli kembali di kedai kopi “Kopi BOSSku” Kota Kediri dan (2) menganalisis pengaruh lingkungan sosial mikro terhadap minat membeli kembali di kedai kopi “Kopi BOSSku” Kota Kediri. Kegiatan penelitian dilaksanakan secara online dengan memberikan angket/kuesioner kepada calon responden pada bulan April 2021 hingga Juni 2021. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, dengan rumus Wibisono untuk menentukan jumlah sampel dari populasi yang ada. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh mahasiswa perguruan tinggi baik negeri ataupun swasta yang ada di Kota Kediri yang memenuhi kriteria yang sebelumnya telah dibuat oleh penulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel atribut produk dengan nilai koefisien jalur variabel atribut produk sebesar 0.23 terhadap variabel minat membeli kembali dan memiliki nilai p-value sebesar 0.01. Selanjutnya untuk variabel lingkungan sosial mikro dengan nilai koefisien jalur variabel atribut produk sebesar 0.49 terhadap variabel minat membeli kembali dan memiliki nilai p-value sebesar <0.01. ii Berdasarkan indikator dari variabel atribut produk, penulis memberikan rekomendasi untuk pemilik (owner) kedai kopi “Kopi BOSSku” Kota Kediri untuk meningkatkan kualitas indikator harga, promosi, desain produk. Agar kedepannya semua indikator dari variabel atribut produk dapat menjadi pertimbangan konsumen untuk memiliki minat membeli kembali di kedai kopi “Kopi BOSSku” Kota Kediri. Semakin banyak indikator yang menjadi pertimbangan konsumen maka semakin baik kinerja kedai kopi “Kopi BOSSku” Kota Kediri.