Pengaruh Metode Role Play Secara Daring Dalam Peningkatan Pengetahuan Pada Ibu Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Tentang Stunting Dan Cara Pencegahan Stunting
Main Authors: | Habibi, Mohammad Robitul Anwar, dr. Ariani, M.Kes, Sp.A(K), Dr. Husnul Khotimah, S.Si, M.Kes |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189381/1/Mohammad%20Robitul%20Anwar%20Habibi.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189381/ |
Daftar Isi:
- Latar Belakang : Stunting adalah keadan status kekurangan gizi kronik yang terjadi pada masa pertumbuhan dan perkembangan dan berlangsung lama mulai dari hari pertma kehidupan sampai anak berusia 24 bulan.. World Health Organization (WHO) menegaskan bahwa resolusi target global pada gizi ibu dan anak sebagai prioritas. Maka dalam mengatur kesehatan dan gizi dalam masyarakat perlu adanya edukasi terhadap masyarakat tentang pentingnya pengetahuan mengenai faktor resiko terjadinya stunting serta cara pencegahannya agar dapat mengubah perilaku dengan tujuan untuk menurunkan angka kejadian stunting. metode role play sebagai media edukasi untuk meningkatkan pengetahuan anak usia pra sekolah sangat layak untuk digunakan dan dapat memberikan pengaruh yang baik dan signifikan dalam mencegah stunting. Penelitian ini tidak menggunakan sampel anak usia pra sekolah, tetapi ibu-ibu PKK dan dilakukan secara daring terkait kondisi Pandemi COVID-19. semua masyarakat juga dapat mendapatkan peningkatan pengetahuan karena ibu PKK dan bisa menjadi edukator di lingkungan setempat. Tujuan : Mengetahui peningkatan pengetahuan Ibu-ibu PKK tentang stunting dan cara pencegahan stunting dengan mengunakan metode edukasi role play. Metode : Jenis Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian quasi experimental dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Kesimpulan: Tedapat pengaruh metode role play dalam meningkatkan pengetahuan ibu-ibu PKK dengan nilai p-value post – test kelompok kontrol dan eksperimen 0,006<0,05 dan peningkatan pengegetahuan dengan kategori rendah (n) 0,2630.