Minat Beli Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Produk Sayurbox
Main Authors: | Kusumaningtyas, Chaerani, Dr. Dwi Retno Andriani,, SP.,MP., Dr. Riyanti Isaskar, SP.,M.Si. |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189371/1/175040107111072%20-%20CHAERANI%20KUSUMANINGTYAS.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189371/ |
Daftar Isi:
- Perubahan perilaku konsumen merupakan salah satu dampak dari adanya kebijakan stay at home selama pandemi Covid-19. Konsumen dari berbagai kalangan usia mulai beralih untuk berbelanja secara online. Kebutuhan pokok, seperti sayur dan buah, menjadi prioritas konsumen selama pandemi Covid-19. Sayurbox merupakan salah satu alternatif e-commerce untuk memenuhi kebutuhan pokok konsumen selama pandemi Covid-19. Selama pandemi Covid-19 penjualan produk Sayurbox mengalami peningkatan. Namun, konsumen yang berasal dari berbagai generasi dapat menjadi masalah bagi Sayurbox dalam meningkatkan minat beli. Oleh karena itu, pelaku usaha perlu memperhatikan faktor utama bagi konsumen dalam mempengaruhi minat beli secara online, seperti, kemudahan penggunaan, persepsi kemanfaatan, kualitas informasi, dan kepercayaan. Berdasarkan penjelasan tersebut, penelitian ini memiliki empat tujuan yaitu, menganalisis pengaruh kemudahan penggunaan, menganalisis pengaruh persepsi kemanfaatan, menganalisis pengaruh kualitas informasi, dan menganalisis pengaruh kepercayaan terhadap minat beli secara online selama pandemi Covid-19 pada produk Sayurbox. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan secara online dengan menggunakan google form untuk penyebaran kuesioner. Waktu penelitian dimulai pada Bulan April – Juni 2021. Jumlah populasi yang tak hingga dalam penelitian ini mengharuskan penelitian ini menggunakan teknik non-probability sampling dengan metode purposive sampling dalam penentuan responden yang akan digunakan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer berasal dari jawaban kuesioner responden, sedangkan data sekunder berasal dari buku atau jurnal yang relevan dengan penelitian ini. Analisis data penelitian menggunakan metode SEM-PLS (Structural Equation Modeling- Partial Least Square) untuk memprediksi hubungan variabel penelitian. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa variabel kepercayaan memiliki pengaruh paling besar (p – value 0,000) terhadap minat beli online. Indikator kebaikan memiliki rata-rata tertinggi dibandingkan dengan indikator variabel kepercayaan lainnya. Responden penelitian ini yakin bahwa Sayurbox selalu mementingkan dan memberikan pelayanan terbaik calon konsumen. Persepsi kemanfaatan (p – value 0,001) juga memiliki pengaruh yang besar. Indikator meningkatkan kinerja pekerjaan memiliki rata-rata tertinggi. Responden setuju bahwa dengan menggunakan website Sayurbox selama pandemi Covid-19, dapat memudahkan dan memperlancar pembelian sayur dan buah. Variabel kemudahan penggunaan juga memiliki pengaruh terhadap minat beli online (p – value 0,043). Indikator fleksibel memili rata-rata tertinggi dibandingkan dengan indikator variabel kemudahan penggunaan lainnya. Responden setuju bahwa website Sayurbox dapat digunakan kapan saja sesuai dengan kebutuhannya. Sedangkan variabel kualitas informasi tidak memiliki pengaruh terhadap minat beli online. Indikator ketepatan waktu memili rata-rata ix terendah. Responden penelitian ini merasa bahwa Sayurbox tidak memperbarui informasi yang ditampilkan, sehingga responden tidak mengetahui informasi produk sebenarnya. Berdasarkan hasil penelitian ini, terdapat beberapa saran yang diberikan penulis. Sayurbox perlu mempertahankan bahkan meningkatkan pelayanan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan merespon cepat calon konsumen. Selain itu, Sayurbox juga perlu mempertahankan dan meningkatkan kemanfaatan website, sehingga konsumen mempunyai sikap positif terhadap manfaat yang diterima. Perbaruan website perlu dilakukan agar website Sayurbox dapat diakses cepat oleh calon konsumen. Sayurbox juga perlu memperhatikan perbaruan informasi yang ditampilkan serta menambah fitur ulasan produk, agar calon konsumen dapat mengetahui informasi produk dari konsumen terdahulu