Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Peningkatan Kinerja Usaha Mikro Kecil Menengah Di Kota Malang Pada Era Pandemi Covid-19
Main Authors: | Fatimah, Zuhriyyah Hasna Nur, Bayu Adi Kusuma,, SP., MBA., Ir. Edi Dwi Cahyono,, M.Sc., Ph.D. |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/189340/1/175040107111054%20-%20ZUHRIYYAH%20HASNA%20NUR%20FATIMAH.pdf http://repository.ub.ac.id/189340/ |
Daftar Isi:
- Kinerja Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) selama wabah Covid-19 menghadapi permasalahan yaitu penurunan pada kinerja usaha. Masalah kinerja tersebut menyebabkan terjadinya penurunan omzet penjualan, sepinya pelanggan dan penurunan keuntungan. Kondisi tersebut mengharuskan pelaku UMKM mencari alternatif untuk meningkatkan pendapatan mereka. Salah satu yang dilakukan yaitu dengan mengembangkan strategi komunikasi pemasaran. Strategi komunikasi pemasaran menjadi hal penting bagi pelaku UMKM karena dapat mengkomunikasikan produknya kepada pasar sasaran secara tepat pada era pandemic Covid-19 sehingga dapat meningkatkan kinerja usaha. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan startegi komunikasi pemasaran terhadap kinerja UMKM di Kota Malang pada era pandemi Covid-19. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif. Data yang dikumpulkan menggunakan teknik penskalaan dengan kategori rating scales dari skala dikotomis kemudian diubah menjadi data nominal untuk dianalisis dengan uji statistic. Terdapat lima variabel yaitu word of mouth (X1), media social (X2), personal selling (X3), promosi penjualan (X4) sebagai variabel bebas dan kinerja UMKM (Y) sebagai varianel terikat. Teknik pengumpulan data menggunakan metode survey. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner menggunakan opsi jawaban (Jawaban Ya atau Tidak). Penelitian ini di uji validitas dan reliabilitasnya, uji regresi logistic multinomial dan uji hipotesis. Selanjutnya alat analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis regresi logistic multinomial untuk mengetahui pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat dan dilanjutkan pengujian hipotesis uji serentak dan uji wald. Ukuran sampel penelitian ini terdapat 53 pemilik UMKM di Kota Malang dan teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu convenience sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemasaran secara offline tatap muka langsung atau personal selling memiliki pengaruh secara parsial terhadap penurunan kinerja UMKM. Sedangkan strategi komunikasi pemasaran word of mouth, media social dan promosi penjualan tidak memiliki pengaruh secara parsial terhadap penurunan kinerja UMKM. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan UMKM lebih meningkatkan strategi komunikasi pemasaran terutama pada strategi word of mouth, media social dan promosi penjualan agar dapat mempertahankan keberlangsungan bisnis dan dapat meningkatkan kinerja usaha.