Strategi Bauran Pemasaran Cv. Bagus Agriseta Mandiri Dalam Menghadapi Pandemi Covid 19

Main Authors: Azzahra, Salsabila, Dr. Ir. Abdul Wahib Muhaimin,, MS., Wisynu Ari Gutama,, SP., MMA.
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/189326/1/175040107111047%20-%20SALSABILA%20AZZAHRA.pdf
http://repository.ub.ac.id/189326/
Daftar Isi:
  • Pandemi Covid-19 telah menyebar luas baik di Indonesia maupun di seluruh dunia yang sampai saat ini masih belum jelas kapan berakhirnya. Dampak dari pandemi Covid-19 begitu besar bagi sektor kesehatan dan ekonomi. Pembatasan aktivitas masyarakat yang berpengaruh terhadap aktivitas dan mobilitas manusia dapat mengakibatkan terhambatnya perkembangan ekonomi maupun bisnis seperti yang dirasakan oleh usaha mikro, kecil, dan menengah. Hal tersebut akan memengaruhi perekonomian Indonesia karena kontribusi yang diberikan oleh UMKM sangat besar baik dari segi jumlah, penyerapan tenaga kerja, PDB atas dasar harga, dan total ekspor non migas. Sekitar 37.000 UMKM telah memberikan laporan kepada Kemenkop UKM atas penurunan penjualan. CV. Bagus Agriseta Mandiri merupakan salah satu usaha mikro kecil dan menengah yang mengalami dampak dari pandemi Covid-19. Masalah utama yang mereka hadapi adalah penurunan omzet dan penjualan selama pandemi Covid-19. Hal tersebut dikarenakan jumlah wisatawan menurun, sedangkan target pasar mereka adalah para wisatawan. Selain itu menurunnya minat konsumen untuk membeli produk oleh – oleh karena konsumen lebih memilih membeli makanan pokok pada kondisi yang seperti ini sehingga perlu dilakukan penelitian pada CV. Bagus Agriseta Mandiri untuk mengatasi permasalahan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan bauran pemasaran yang dilakukan, menganalisis pengaruh variabel bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian konsumen dan mendeskripsikan strategi pemasaran yang tepat untuk meningkatkan penjualan produk CV. Bagus Agriseta Mandiri selama pandemi Covid-19. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret – Juni 2021 di CV. Bagus Agriseta Mandiri yang terletak di Jalan Kopral Kasdi No.2 Banaran Bumiaji Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur. Responden pada penelitian ini sebesar 70 orang yang terdiri dari pemilik, karyawan, dan konsumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bauran pemasaran memiliki sumbangan pengaruh sebesar 69.7% terhadap keputusan pembelian. Variabel produk (X1), harga (X2), tempat (X3), promosi (X4), orang (X5), proses (X6), dan bukti fisik (X7) tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) sehingga sebaiknya dilakukan perbaikan dan disesuaikan dengan harapan, kebutuhan, dan keinginan konsumen. Selain itu variabel hubungan publik (X8) dan kekuatan (X9) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) sehingga dapat dijaga konsistensinya dan ditingkatkan agar lebih baik. Strategi pemasaran yang tepat bagi CV. Bagus Agriseta Mandiri adalah penjualan produk secara online, pemanfaatan program kampus merdeka, bekerja sama dengan platform yang berkesinambungan, pemanfaatan media promosi secara online, dan mengadakan event secara online.